TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Wisata

Event Festival Bahari Kepri 2019 Digelar Bulan November

13/08/2019 - 16:23 | Views: 31.11k
Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar (FOTO: Ali Mahmad/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BATAM – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali menggelar event pariwisata Festival Bahari Kepri tahun 2019 (FBK 2019) sekitar tanggal 5 sampai 9 November 2019. Pelaksanaan FBK tahun ini mundur dari jadwal yang direncanakan yakni September 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar mengatakan, mundurnya jadwal ini karena pertimbangan FBK bakal digelar seiringan dengan kedatangan puluhan kapal layar wisata (yatch) dari berbagai belahan dunia ke laut Kepri.

“Saat ini kita terus mempersiapkan FBK 2019, Insyaallah kita laksanakan awal November, sekitar tanggal 5 sampai 9 November 2019,” katanya, Selasa (13/8/2019).

Buralimar berharap, event internasional ini bisa meraih sukses seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Event ini menjadi salah satu acara wisata unggulan Pemprov Kepri dalam upaya mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara, khususnya turis Singapura dan Malaysia sebagai negara tetangga terdekat dari Kepri.

“Kita harapkan event pariwisata tahunan ini mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Kepri. Wisatawan akan melihat langsung kekayaan alam dan budaya Kepri yang sangat menarik,” ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan FBK 2019 kemungkinan tidak jauh beda dengan tahun lalu. Sejumlah kegiatan sudah disiapkan seperti Kepri Jet Ski Expedition, Parade Layang-layang, Lomba Sampan Layar atau Jong, Bazar Kuliner Melayu, Atraksi Seni Budaya Melayu, dan lainnya.

Terpisah, Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati menyatakan, Festival Bahari Kepri 2019 akan disejalankan dengan program Sail Nasional. Tujuannya, untuk memperkenalkan potensi wisata bahari Kepri ke yachters dan boaters luar negeri.

“Festival yang akan digelar di sejumlah tempat, termasuk Ibu Kota Kepri di Tanjungpinang. Event ini sudah menjadi kegiatan bergengsi skala internasional sejak beberapa tahun terakhir. Kita berharap, tahun ini kegiatan tersebut bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara, melebihi event tahun 2018 lalu,” katanya.

Event ini bisa mengandalkan wisatawan cross border karena Kepri berada di wilayah berpatasan antara Singapura dan Malaysia. Kepri menjadi salah satu daerah penggiat cross border tourism yang cukup diandalkan.

Kepri mulai menjadi primadona karena banyak atraksi yang ditawarkan. Bukan hanya jenis sport tourism, tapi ada juga wisata belanja, kuliner, budaya, bahkan sejarah.

“Tahun ini, Kepri menyiapkan 46 event pariwisata unggulan. Antara lain Festival Bahari Kepulauan Riau yang masuk top 100 event Wonderfull Indonesia. Hampir semua event ada di Kepri, dan semua sukses mendatangkan wisatawan,” kata dia. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Ali Mahmud
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Batam
Copyright © 2019 TIMES Banyuwangi
Top

search Search