TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Mbak Puti Didaulat Menjadi Srikandi Buruh Jatim

25/02/2018 - 20:25 | Views: 7.18k
Cawagub Jatim, Puti Guntur Soekarno bersama perwakilan organisasi buruh di Jatim. (FOTO: Rudi Mulya/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, SIDOARJO – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno menghadiri Kongres-IV Serikat Buruh Independen (SBI) yang digelar di Hotel Delta Mayang, Sidoarjo, Minggu (25/2/2018) siang.

Kehadiran keponakan Megawati Soekarno Putri dielu-elukan ratusan perwakilan buruh yang hadir dalam acara tersebut. Tak hanya itu Pasangan Calon Gubernur Saifullah Yusuf ini juga didaulat menjadi Srikandi Buruh Jawa Timur.

Ketua SBI, Edi Kuncoro dalam sambutanya menyampaikan dukungannya kepada Paslon Pilgub Jatim nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno.

Puti-Buruh-2.jpgCawagub Jatim, Puti Guntur Soekarno saat menjelaskan visi dan misinya di hadapan ratusan perwakilan buruh

"Saya tegaskan mendukung Paslon nomor urut 2. Dan dalam kesempatan ini kami daulat Mbak Puti  menjadi Srikandi Buruh Jawa Timur," ujar Ketua SBI, Edi Kuncoro.

Edi menegaskan jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul dan Mbak Puti harus memihak wong cilik dalam hal ini buruh.

"Gus Ipul dan Mbak Puti harus memperjuangkan nasib buruh di Jatim," harapnya.

Sementara itu, Puti Guntur Soekarno di hadapan ratusan buruh memaparkan sejumlah visi misi Paslon nomor urut 2, yakni terkait kesejahteraan kaum buruh. 

"Kesejahteraan buruh bukan hanya diukur dari upah yang diterima, tapi yang lebih penting adalah keturunan mereka, bagaimana anak-anak mereka (buru red) bisa sekolah hingga bangku kuliah, dan juga bagaimana keluarga buruh ini punya jaminan kesehatan. Tak hanya itu buruh juga harus terus meningkatkan skil dalam pekerjaan," paparnya.

Lebih jauh cucu Presiden Pertama RI, Soekarno ini mengaku bertemu dengan para buruh pabrik rokok, dia sempat mendapat keluhan dari para  buruh rokok tersebut. 

"Para buruh rokok itu mengeluh anaknya tidak bisa melanjutkan sekolah di tingkat SMA atau SMK, alasanya biaya. Karena saat ini pendisikan SMA dan SMK menjadi tanggungjawab pemerintah Provinsi Jatim, maka dari itu sudah menjadi kewajiban Gus Ipul dan saya jika terpilih nanti untuk menggerakkan sekolah SMA dan SMK gratis," ungkapnya

Puti menambahkan jika pendidikan menengah atas bisa digratisakan sudah  masuk dalam salah satu prioritas visi misi Paslon nomor urut 2.

Tak hanya itu, bidang kesehatan, untuk buruh yang pendapatannya di bawah rata-rata dan tidak tercover BPJS, Puti meyakinkan bahwa APBD Provinsi Jatim mampu untuk mengatasinya dengan meluncurkan program Kartu Jawa Timur Sehat.

Sementara untuk mengasah skil para buruh, Gus Ipul dan saya akan membangun BLK (balai latihan kerja) di berbagai wilayah di Jawa Timur. Dalam program lainnya kami juga akan membangun rumah-rumah khusus untuk kaum buruh. 

"Tentu program ini akan kami realisasikan setelah Gus Ipul dan Saya terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur," jelasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini juga menyatakan ketegasannya terhadap tenaga kerja asing ilegal. 

"Tidak ada tempat bagi tenaga kerja asing ilegal di Jawa Timur. Pemerintah bakal tegas mengusir atau mendeportasi tenaga kerja asing ilegal yang kedapatan bekerja di Jawa Timur," tegasnya disambut tepuk tanggan dan teriakan kata 'setuju' dari ratusan buruh. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search