TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Begini Cara Satlantas Gresik Berantas Praktik Percaloan

24/01/2018 - 14:03 | Views: 4.56k
Salah satu pemohon SIM saat akan ke tempat pembuatan SIM di Kantor Satlantas Polres Gresik (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, GRESIK – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gresik mempunyai cara unik untuk memberantas pratik percaloan pembuatan surat ijin mengemudi (SIM).

Mereka menerapkan sistem satu pintu alias 'one gate system' bagi setiap pemohon SIM. 

Dalam penerapan sistem terbaru itu, petugas kepolisian bisa mengawasi secara ketat. Bagi pemohon SIM diwajibkan untuk menyerahkan KTP kepada petugas, setelah itu, petugas memberikan kartu yang digunakan untuk membuka pintu Satlantas. 

"Kami juga tempatkan anggota yang berjaga untuk memantau guna memastikan mereka yang masuk adalah benar-benar pemohon SIM dan bukan orang lain,” kata Kanit Regident Satlantas Polres Gresik, Iptu Engkos Sarkosi, Rabu (24/1/2018).

Engkos menjelaskan, penerapan inovasi pelayanan yang baru diresmikan ini bisa menjadi pengawasan petugas kepolisian lebih ketat. Selain itu, secara otomatis para calo tidak bisa masuk ke areal Satlantas. 

"Penerapan one gate system ini sendiri hanya dilakukan di jajaran Satlantas Polres Gresik, Jawa Timur," tambah dia. 

Salah satu pemohon SIM, Ayuzas Akhirun Nisa (20) mengatakan, penerapan inovasi yang dilakukan oleh satlantas Gresik ini diyakini bisa membuat tertib dan bebas dari praktik percaloan. 

"Sehingga kita sebagai pemohon SIM lebih enak, karena langsung berhadapan dengan petugas tanpa khawatir adanya praktik percaloan,” pungkasnya. (*)

Jurnalis : MFA Rohmatillah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search