TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Puluhan IKM Manfaatkan Layanan Rumah Kemasan

23/01/2018 - 13:41 | Views: 4.22k
Seorang petugas mempraktekan penggunaan mesin vertical sealer (pengemasan) di Rumah Kemasan baru milik Pemkab Tuban, Selasa (23/01/2018) (FOTO: Safuwan/ TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, GRESIK – Sebanyak 71 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) tercatat oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang memanfaatkan layanan Rumah Kemasan.

Kabid Industri Diskoperindag Tuban, Edy Sukirno menjelaskan, sejak beroperasinya rumah kemasan pada April hingga Desember 2017 lalu, pihaknya mencatat ada 71 IKM dari total 400 lebih IKM jenis Makanan dan Minuman (Mamin) yang melakukan pengemasan di Rumah Kemasan milik Pemkab.

"Mayoritas pelaku IKM tersebut menggunakan mesin kemasan jenis Digital Printing, dari lima jenis mesin yang tersedia di rumah kemasan Pemkab Tuban," jelas Edy.

Rumah-Kemasan-A.jpg

Menurut Edy, Rumah Kemasan Pemkab Tuban menyediakan lima jenis mesin seperti Pedal Sealer, Digital Printing, Vaccum Sealer, Vertical Sealer dan Sablon, yang bisa dimanfaatkan pelaku untuk mengemas produk mereka secara gratis.

Selain memberikan jasa pengemasan secara gratis, petugas juga bisa memberikan konsultasi gratis kepada pelaku IKM terkait kemasan.

"Semua pelaku IKM Mamin di Kabupaten Tuban, bisa memanfaatkan kehadiran rumah kemasan milik Pemkab dengan baik," harap Edy. (*)

Jurnalis : Safuwan
Editor : Faizal R Arief
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search