TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Stabilkan Harga Beras, Satgas Pangan Gandeng Perpadi Banyuwangi

23/01/2018 - 17:17 | Views: 5.25k
Para pembeli yang sedang antri dalam Operasi Pasar yang dilaksanakan Satgas Pangan dan Perpadi Banyuwangi (FOTO: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Ketua Satgas Pangan Polres Banyuwangi, AKP Sodik Efendi menggandeng Persatuan Penggilingan Padi (Perpadi) untuk melakukan Operasi Pasar. Hal ini dilakukannya mengingat masih ditemukannya para pedagang beras eceran yang menjual beras medium seharga Rp 11 ribu per kilogram.

Melihat ada Operasi Pasar, masyarakat menjadi antusias membeli beras yang harganya dibawah Harga Eceran Tetap (HET) sebesar Rp 9.350. Sekitar satu jam, beras yang berkualitas medium yang dijual seharga Rp 9 ribu telah laku hampir satu ton.

“Kita siapkan 8 ton per hari untuk operasi pasar. Harapannya harga bisa normal. Ini beras dari dari Perpadi untuk stabilitas pangan,” kata Sodik yang juga Kasat Reskrim Polres Banyuwangi itu, Selasa (23/1/2018).

Operasi Pasar ini, sambung Sodik, akan dilakukannya hingga harga beras di pasaran stabil atau kembali sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah. “Operasi Pasar ini dalam rangka ikut menurunkan harga beras di Banyuwangi,” ujarnya.

Ketua Perpadi, Irwan Kuswanto mengatakan, pihaknya sengaja mengeluarkan beras sebelum masa panen raya yang akan dimulai pada bulan maret mendatang. Dan untuk Operasi Pasar ini, Perpadi memberikan subsidi kepada seluruh pembeli yang mengunjungi lapaknya.

“Beras ini dari gabah yang kita beli langsung dari petani. Jadi kita bisa memberikan subsidi harga beras,” katanya.

Sejauh ini, jumlah stok beras yang dimiliki atau yang disimpan di gudang Perpadi tidak banyak seperti pada saat panen raya. Namun, dirinya dapat memastikan bahwa pasokan beras di pasaran dipastikan normal. Meskipun, awal masa panen raya akan dimulai bulan Maret mendatang.

“Saat ini harga gabah berada dikisaran Rp 5.500 per kilogram dan mungkin akan turun seiring masuknya masa panen raya Maret mendatang,” ujarnya. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search