TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Rajin Berenang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Otak

22/01/2018 - 03:28 | Views: 9.78k
ILUSTRASI. Berenang dapat bermanfaat untuk otak. (FOTO: leisurecentre.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Berenang adalah salah satu olahraga favorit bagi banyak orang. Meski mudah dilakukan, tak disangka, berenang ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan luar biasa bagi tubuh, termasuk otak.

Banyak yang tidak mengetahui betapa besar pengaruh olahraga renang bagi kecerdasan otak. Dilansir dari Dokter Sehat, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa rajin berenang bisa membuat fungsi memori dan kognitif otak semakin membaik.

Berenang juga akan menurunkan peradangan sekaligus resistensi insulin yang ada di otak sehingga perkembangan sel otak baru bisa berjalan dengan lancar. Dengan melakukannya, maka berenang akan mampu meningkatkan suasana hati, mengilangan stress dan kecemasan, sekaligus membuat otak menjadi semakin efisien dalam berpikir.

Tak hanya untuk otak, manfaat lain yang tidak terduga dari olahraga berenang adalah dapat meringankan asma. Pakar kesehatan menyarankan penderita asma untuk rajin berenang karena kelembaban dari air kolam bisa menggantikan kelembaban yang ikut keluar bersama dengan hembusan nafas yang dikeluarkannya.

Dengan berenang, tubuh juga akan memperbaiki kinerja paru-paru dalam hal menggunakan oksigen dengan lebih efisien. Tubuh juga akan beradaptasi dengan lebih baik untuk mengambil udara dengan lebih banyak setiap kali menarik nafas sehingga paru-paru akan menjadi lebih sehat, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki kinerja jantung.

Dengan rajin berenang, kita juga akan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Berenang ternyata termasuk dalam olahraga aerobik yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, jangan ragu lagi untuk melakukan olahraga yang menyenangkan ini secara rutin. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search