TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Jangan Dibuang, Kulit Buah Ini Bermanfaat Lho

22/01/2018 - 01:36 | Views: 8.25k
ILUSTRASI. Kulit apel mengandung antioksidan yang besar. (FOTO: simplyrealmoms.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Kebanyakan orang akan mengupas kulit buah sebelum memakannya. Alasannya, takut akan sisa kotoran atau pestisida yang masih ada pada kulit buah. Namun, menurut pakar kesehatan ada baiknya kita memakan buah-buahan tanpa mengupas kulitnya, karena beberapa jenis buah memiliki kandungan yang tak kalah penting dari daging buahnya. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut buah yang bisa Anda konsumsi tanpa mengupas kulitnya.

Apel
Apel yang memiliki kombinasi manis dan asam ini kaya akan kandungan fitronutrient dan antioksidan. Hanya saja, sebagian besar antioksidan ini ada dalam kulitnya. Selain itu, kulit apel juga kaya akan serat dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh.

Pear
Buah pear juga kaya akan antioksidan dan antiinflamasi, khususnya pada kulitnya. Bahkan, jika kita memakannya bersama dengan kulitnya, kita akan mendapatkan manfaat anti kanker 3-4 kali lipat lebih besar daripada dengan saat kita mengupasnya.

Sawo
Buah yang memiliki rasa manis ini memiliki banyak kandungan sehat di kulitnya seperti vitamin, zat besi, asam folat, potassium, dan asam pantonetat.

Kiwi
Di dalam kulit kiwi terdapat vitamin C dalam jumlah yang jauh lebih banyak dari yang ada dalam daging buahnya.

Pisang
Tak disangka, kulit buah pisang yang memiliki rasa sedikit pahit ini ternyata kaya akan kandungan potassium dan serat yang sangat banyak. Selain itu, terdapat pula kandungan tryptophan yang bisa meningkatkan kadar hormon serotonin di dalam tubuh sehingga mempengaruhi suasana hati dan kesehatan psikis kita. Selain itu, terdapat pula kandungan luthein yang memiliki peran speerti antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan mata, khususnya dalam melindunginya dari paparan radikal bebas dan sinar UV.

Agar tidak mengkonsumsi kotoran atau pestisida yang bisa saja masih tersisa dalam kulit buah-buahan tersebut, cucilah buah hingga bersih sehingga kita bisa aman dan nyaman mengkonsumsi buah tersebut bersama dengan kulitnya. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search