TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Tak Hanya Nikmat, Selai Kacang Kaya Manfaat Lho

21/01/2018 - 04:27 | Views: 7.92k
ILUSTRASI: Selai Kacang (FOTO: PinsDaddy)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Selai kacang seringkali hanya dipakai sebagai olesan roti. Meski hanya sebagai pelengkap roti, selai kacang ternyata bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Dokter Sehat berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari selai kacang.

Baik untuk Diet
Selai kacang kaya akan nutrisi menyehatkan dan lemak tak jenuh tunggal. Banyak pakar diet yang merekomendasikan selai kacang sebagai salah satu makanan yang akan membantu program penurunan berat badan.

Mencegah Penyakit Berbahaya
Telah ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwa selai kacang bisa mencegah datangnya penyakit jantung, mengingat kandungannya tidak akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Selain itu, adanya kandungan minyak sehat dan protein yang tinggi juga bisa mencegah datangnya alzheimer.

Kandungan lemak dalam selai kacang ternyata sama dengan yang bisa kita temukan dalam minyak zaitun yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena alasan inilah selai kacang baik bagi kesehatan jantung.

Kandungan lemak tak jenuh ini juga akan membuat sensitivitas insulin tubuh meningkat sehingga akan menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2.

Kaya Protein
Di dalam 100 gram selai kacang, kita bisa menemukan 25 hingga 30 gram protein yang akan dipecah tubuh sebagai asam amino yang akan dipakai tubuh sebagai perbaikan sel dan membangun tubuh.

Kaya Vitamin
Selai kacang kaya akan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata dan vitamin C yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kita juga bisa menemukan vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit dan pembuluh darah.

Kaya Antioksidan
Di dalam selai kacang, kita bisa menemukan antioksidan seperti asam folat, niasi, tiamin, riboflavin, serta resveratrol. Khusus untuk resveratrol, antioksidan ini mampu mencegah datangnya berbagai penyakit kanker, infeksi jamur, alzheimer, serta penyakit jantung.

Berdasarkan fakta di atas, masih ragu makan selai kacang? (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search