TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Jangan Dikucek, Atasi Mata Gatal dengan Bahan Alami Ini

21/01/2018 - 03:21 | Views: 8.50k
ILUSTRASI: Kucek Mata (FOTO: Halodok)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Apa yang pertama dilakukan ketika mata gatal? Pasti kebanyakan orang memilih untuk mengucek matanya jika mengalami hal ini. Padahal, hal ini justru akan membuat mata teriritasi dan merah.

Daripada mengucek mata, sebaiknya kita mengatasi mata gatal dengan bahan-bahan alami. Dilansir dari Dokter Sehat berikut bahan alami yang aman digunakan untuk mengatasi mata gatal.

Kompres Air Dingin
Tempelkan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada kelopak mata untuk menurunkan rasa gatal. Jika perlu, kita juga bisa membungkus es di dalam kain yang akan kita pakai untuk mengompres mata.

Memakai Chamomile
Chamomile memiliki sifat anti alergi yang bisa dijadikan kompres untuk mengatasi mata gatal dengan efektif. Cara untuk menggunakannya pun sangat mudah, yakni dengan memasukkan sekantong teh chamomile ke dalam air hangat selama 5 menit. Gunakan rendaman air teh ini yang sudah dingin untuk membilas mata dan menurunkan rasa gatal.

Memakai Timun
Timun bisa mengatasi masalah mata bengkak atau kantung mata. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan anti iritasi dan antioksidan di dalamnya. Untuk mengatasi masalah mata gatal, kita hanya perlu menyimpan potongan timun di dalam kulkas selama 15 menit dan kemudian meletakkan potongan timun dingin ini pada mata selama 10 menit. Rasa gatal pada mata pun bisa mereda.

Memakai Teh Hijau
Taruhlah kantung teh hijau celup yang sudah dalam kondisi dingin pada kelopak mata selama beberapa menit untuk menurunkan rasa gatal pada mata. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search