TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Awas, Sering Berkeringat di Malam Hari Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

21/01/2018 - 02:19 | Views: 6.76k
ILUSTRASI: Tidur Berkeringat (FOTO: Klikdokter)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi umat manusia adalah kanker. Penyakit ini sangat sulit untuk disembuhkan dan sangat mematikan. Karena alasan inilah kita harus cermat dalam mendeteksi secara dini adanya penyakit kanker agar bisa segera melakukan tindakan medis yang tepat.

Dilansir dari Dokter Sehat, salah satu tanda dari penyakit kanker yang patut untuk diwaspadai adalah jika kita banyak mengeluarkan keringat di malam hari. Penyakit kanker yang menunjukkan gejala ini adalah kanker limfoma Hodgkin.

Kanker limfoma Hodgkin sangatlah mematikan karena sangat agresif jika dibandingkan dengan kanker lainnya. Kanker yang cukup jarang muncul ini berkembang pada sistem limfatik, salah satu bagian dari sistem imun tubuh. Penderita penyakit ini adalah pria dan wanita dengan variasi usia yang beragam dari usia 20-an hingga di atas 70-an. Di Inggris saja, setidaknya setiap tahun ada 1.900 orang yang menderita penyakit ini.

Gejala awal dari kanker limfoma hodgkina adalah benjolan pada leher dan menyebabkan rasa sakit pada kelenjar getah bening. Selain itu, penderitanya akan cenderung kerap mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak, mengalami penurunan berat badan dengan drastis, suhu tubuh meningkat tajam, terus batuk dan sakit kepala, serta gatal-gatal pada hampir semua bagian tubuh.

Membengkaknya kelenjar getah bening ternyata akan memicu tekanan berlebihan pada lengan dan kaki sehingga membuat pembengkakan. Jika hal ini dibiarkan, maka aliran hati menuju empedu terhambat dan menyebabkan mata dan kulit berubah warna menjadi semakin kuning.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter jika mulai kerap mengeluarkan keringat di malam hari dan berbagai gejala lainnya karena bisa jadi adalah tanda dari kanker. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search