TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Gerakan Coklit Serentak, KPUD Batu Terjunkan 411 Petugas

20/01/2018 - 16:29 | Views: 9.20k
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menempel stiker usai coklit di rumah dinasnya, Sabtu (20/1/2018). (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BATU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih serentak se-Indonesia. Di Kota Batu, sebanyak 411 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) secara door to door mendatangi warga untuk coklit.

Rumah dinas Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso termasuk salah satu warga yang didatangi PPDP hari ini, Sabtu (20/1/2018).

Komisioner KPU Kota Batu Mardiono dan Ketua Panwaslu Kota Batu Abdur Rochman tampak mendampingi PPDP.

Petugas melakukan coklit dengan berdasar daftar pemilih. "Saya diminta data KK dan KTP, lalu dicocokkan dengan yang data yang dipegang PPDP," jelas Punjul.

Usai coklit, petugas memberi stiker sebagai tanda bukti, untuk ditempelkan. 

Gerakan-Coklit.jpg

Punjul berharap, coklit dengan mendatangi rumah tokoh atau pejabat menjadi upaya mensosialisasikan agar partisipasi masyarakat semakin meningkat.

"Ini turut membantu mensosialisasikan pendaftaran kepada masyarakat menyongsong Pilkada serentak 2018," kata dia.

Kepada masyarakat, dia mengimbau agar ikut bersama-sama menyukseskan Pilkada. 

Sementara itu, Mardiono menjelaskan, coklit ini berlangsung mulai hari ini hingga 18 Februari 2018 mendatang. Di Kota Batu sendiri, coklit dilakukan untuk menyongsong pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Gerakan coklit serentak nasional ini, juga bagian dari upaya pemecahan rekor MURI. "Satu PPDP minimal mendatangi minimal lima rumah, lebih juga tidak apa-apa," imbuhnya. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Faizal R Arief
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search