TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Puting Beliung Hajar Rumah Warga Banjarsari

17/01/2018 - 14:22 | Views: 11.14k
Salah satu rumah warga yang porak poranda terkena puting beliung (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Belasan rumah warga Dusun Brak, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur rusak diterjang angin puting beliung. Pusaran angin diketahui datang bersamaan dengan hujan lebat, selama lebih dari lima jam.

Berdasarkan keterangan warga setempat, bencana semacam ini baru pertama kali terjadi. Ada 11 rumah yang mengalami kerusakan karena angin puting beliung ini.

"Saat itu hujan deras, tiba-tiba ada suara gemuruh. Setelah dilihat ke arah sawah yang berada di sisi timur pemukiman warga, ada gulungan air. Membentuk pusaran ke atas," kata Anisa, warga setempat, Rabu (17/1/2018).

Beruntung, pusat pusaran angin puting beliung tidak melintas tepat di rumah warga sehingga tidak ada korban jiwa, maupun kerusakan parah pada rumah. Rata-rata, kerusakan terjadi pada genting, asbes dan seng atap rumah. Perkiraan, satu rumah mengalami kerugian sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu.

Sementara itu, relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Dewa Heri mengatakan, memasuki musim hujan ini bencana tersebut bisa terjadi di mana saja, baik pesisir pantai, atau wilayah pegunungan.

Pihaknya juga mengimbau pada masyarakat agar selalu waspada. Kuncinya, adalah tidak panik saat angin puting beliung terjadi. Serta menghindari berteduh atau berlindung di bawah pohon maupun berada dalam bangunan. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search