TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

DPRD Kota Batu Targetkan Delapan Perda di Tahun 2018

16/01/2018 - 18:15 | Views: 13.96k
Anggota DPRD Kota Batu, Katarina Dian Nefiningtyas yang ditemui di kantor DPRD Kota Batu. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BATU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu menargetkan delapan rancangan peraturan daerah (raperda) dapat disahkan menjadi perda pada tahun 2018.

"Targetnya delapan raperda disahkan menjadi perda. Paling tidak dalam satu tahun sudah bisa diselesaikan," kata Katarina Dian Nefiningtyas, anggota DPRD Kota Batu, beberapa waktu lalu.

Berdasar catatan DPRD Kota Batu, terdapat 16 (enambelas) Raperda pada program pembentukan Perda Kota Batu tahun 2018. Termasuk di antaranya tiga raperda inisiatif atau usulan DPRD Kota Batu. 

Tiga raperda tersebut, yaitu Administrasi Kependudukan; Kota Layak Anak; dan Perlindungan Pasar, Penataan dan Pengawasan Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan.

Katarina menjelaskan, dari target tersebut, terdapat tiga raperda yang merupakan sisa tahun lalu, di antaranya administrasi kependudukan dan kota layak anak.

"Insyaallah sisa perda tahun lalu bisa selesai Maret (2018)," ujarnya kepada awak media.

DPRD Kota Batu telah memulai masa persidangan pertama pada Januari 2018. Diawali dengan raperda dari Pemerintah Kota Batu mengenai pencabutan beberapa perda. Lalu, Raperda tentang Administrasi Kependudukan.

Dia mengingini kendala penyelesaian perda pada tahun lalu, bisa diatasi. "Saya sebagai pimpinan untuk pembentukan perda bekerja sama dengan pimpinan daerah, sehingga kendala sebelumnya bisa diatasi," jelas politisi Gerindra ini.

Dalam penyelesaiannya, lanjutnya, tidak hanya menjadi urusan bagian tertentu, namun dinas terkait diminta memberi saran dan masukan, sehingga bisa menghasilkan perda yang baik.

Dia pun berharap, nantinya keberadaan perda yang dihasilkan, dapat tersosialisasi ke masyarakat. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Faizal R Arief
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search