TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Kenalkan Dunia Perguruan Tinggi, Pelajar Gresik dan Lampung Studi ke UIN Maliki

16/01/2018 - 11:09 | Views: 8.51k
Dr. Sutaman, kepala bidang kerjasama dan kelembagaan kampus UIN Maliki (kanan) bersama menerima cinderamata dari sekolah SMA Darus sa'adah dan MA Mambaul Ulum. (FOTO: Nailullah Khoirulumam/ MG /TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Sejumlah siswa beserta guru dari SMA Darus Sa'adah, Gresik dan MA Mambaul Ulum Tanggamus, Lampung melakukan study tour ke Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Jawa Timur, Senin (15/1/2018).

Acara ini dihadiri oleh 207 peserta, yang terdiri dari guru dan siswa dari kedua sekolah tersebut, 130 peserta dari SMA Darus Sa'adah, Gresik dan 77 peserta dari MA Mambaul Ulum, Tanggamus, Lampung.

Dr. Sutaman, kepala bidang kerjasama dan kelembagaan kampus UIN Maliki mengatakan, UIN Maliki merupakan universitas yang akan mencetak generasi berkualitas di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Tak hanya itu, UIN Maliki juga mencetak mahasiswa yang memiliki kualitas iman dan takwa (Imtak) yang baik.

"Sehingga mereka menjadi manusia yang mempunyai pemikiran Jerman dan berhati Madinah," ucapnya.

Sutaman menambahkan bahwa UIN Maliki tidak hanya memiliki mahasiswa dari Indonesia, melainkan juga dari luar negeri seperti, Saudi Arabia, Maroko, Afrika, Cina, Singapura, Malaysia dan masih banyak lagi.

Pelajar-Gresik-dan-Lampung-Studi-ke-UIN-Maliki-A.jpg

Sementara itu, Imam Bashori Waka sarana dan prasarana SMA Darus Sa'adah, Gresik mengatakan studi ke kampus ini merupakan acara tahunan. Sebelumnya mereka sudah berkunjung ke Universitas Negeri Malang dan nanti akan mengunjungi Politeknik Negeri Malang, dan Universitas Islam Malang.

"Tujuan utama kami disini ialah untuk memberi wawasan kepada siswa bagaimana cara masuk di perguruan tinggi negeri seperti di UIN Malang ini, semisal melalu jalur SMPTN atau melalui jalur yang lain," katanya.

Tujuan yang sama juga disampaikan Usman Jaya, kepala sekolah MA Mambaul Ulum, Tanggamus, Lampung. 

"Kunjungan kami kesini sudah direncanakan lima tahun lalu namun baru tercapai, kami memilih UIN Malang, karena banyak saudara-saudara kami yang tinggal disini, disamping itu kami juga termotivasi dari salah satu guru di MA Mambaul Ulum, alumni dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini," ungkapnya.(*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search