TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Creative Vocational Expo Product 2018

Stand SMK PGRI 3 Malang Terbaik di CVEP

15/01/2018 - 12:03 | Views: 11.66k
Stand SMK PGRI 3 Malang di Event Creative Vocational Expo Product (CVEP) 2018 di Hall Mall Dinoyo City Malang, Minggu, (14/01/2018). (FOTO: S Mukifah/ MG/ TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – SMK PGRI 3 Malang berhasil meraih gelar Stand Pameran Terbaik di Event Creative Vocational Expo Product (CVEP) 2018, yang digelar di  Hall Mall Dinoyo City Malang, Minggu, (14/01/2018).

Sebelum menyebutkan nama peraih piala Stand Pameran Terbaik CVEP 2018, salah satu juri yang tak lain adalah perwakilan dari pihak Hall Mall Dinoyo City membacakan lima kriteria penilaian. 

Kriteria penilaian yaitu dekorasi yang meliputi pameran dan hasil produk dari sekolah tertentu, kerapian atau penataan barang, kebersihan, ketepatan waktu yang meliputi loging out bareng dalam membuka dan menutup stand pameran, yang terakhir adalah komunikasi yang menunjukkan kecerdasan pemilik stand dalam menyambut pelanggan yang datang. 
 
Dari penilaian tersebut, juri memutuskan SMK PGRI 3 Malang yang berhasil menduduki posisi pertama. Sementara peringkat 2 yaitu SMK Putra Indonesia dan peringkat 3 diraih oleh SMK Kartika malang. 

Stand pameran yang dimiliki oleh SMK PGRI 3 Malang menampilkan karya-karya kreatif dari semua jurusan, diantaranya jurusan otomotif sepeda motor, elektronika industri dan sistem kontrol, pemesinan, rekayasa perangkat lunak dan multimedia.

SMK-PGRI-3-Malang-A.jpg

Hiananta, guru SMK PGRI 3 Malang menjelaskan produk-produk yang dipamerkan kepada TIMES Indonesia satu persatu. 

"Semua produk yang dipamerkan merupakan ide atau hasil karya siswa SMK PGRI 3 Malang yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari," ucapnya.

SMK-PGRI-3-Malang-B.jpg

Seperti yang ditampilkan jurusan Elektronika Industri yang memamerkan sebuah karya yang menghasilkan energi listrik. Alat yang digunakan adalah sepeda dan aki. 

Jika seseorang mengayuh sepeda tersebut dan mengeluarkan energi gerak, maka energinya disimpan di dalam aki yang nantinya akan berubah menjadi energi listrik.

Hasil dari energi listrik tersebut dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti menanak nasi, setrika baju dan lain sebagainya tanpa menggunakan listrik dari PLN.

“Ini cocok untuk orang yang ingin mengurangi lemak, bisa mengeluarkan energinya dengan mengayuh sepeda dan energinya tidak terbuang dengan cuma-Cuma. Alangkah lebih baik jika disimpan dan bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaaat,” kata Hiananta.

Jurusan otomotif motor juga tidak kalah menarik, kali ini yang dipamerkan adalah sepeda motor, tapi ini bukan sepeda motor seperti biasanya. Motor ini disebut sebagai kendaraan anti maling. 

Sepeda motor ini dinyalakan dengan menggunakan HP android. Jadi kontak sepeda motor sengaja tidak difungsikan untuk menghindari tindakan kriminal seperti pembegalan. Inovasinya terdapat pada aplikasi yang dibuat oleh Murid SMK PGRI 3 Malang yang diterapkan kepada penggunaan sepeda motor tersebut. 

Produk-produk tersebut memang baru dipamerkan dan akan dikembangkan agar lebih efisien sehingga produknya dapat dijual dan dirasakan oleh masyarakat.   

Masih banyak produk-produk dari SMK PGRI 3 Malang yang tentunya tak kalah menarik dan bermanfaaat bagi disiplin ilmu pengetahuan maupun bagi kehidupan manusia. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search