TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Majestic Banyuwangi

Sejuta Wisatawan ke Banyuwangi di Musim Liburan Natal

03/01/2018 - 18:12 | Views: 8.09k
Bandara Banyuwangi yang bikin akses wisatawan dari kota besar lebih mudah berkunjung (FOTO: Ahmad Suudi / TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Diperkirakan sejuta wisatawan lokal, dari luar kota hingga wisatawan luar negeri mengunjungi Kabupaten Banyuwangi selama seminggu di musim libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi Muhammad Yanuar Bramuda di kantornya, Rabu (3/1/2018). "Tempat wisata yang menjadi favorit wisatawan mancanegara tetap Puncak Ijen. Kalau wisatawan lokal yang dulu ke Pantai Pulau Merah dan Bangsring saja sekarang mulai terbagi ke Kampung Primitif, Hutan Songgon, dan GWD," kata Bram, sapaan akrabnya.

Grand Watudodol (GWD) yang pengunjungnya naik menjadi 16 ribu di musim liburan selama seminggu kemarin. Tahun sebelumnya di destinasi wisata yang dikelola langsung oleh Pemkab Banyuwangi itu menerima 10 ribu kunjungan wisatawan.

Pantai Pulau Merah juga masih memperlihatkan tajinya dengan keberhasilannya mengundang 10 ribu pengunjung dalam satu hari jelang tahun baru. Belum lagi di banyak destinasi wisata lain di Banyuwangi yang totalnya 40 destinasi.

Banyuwangi-Sejuta-Wisatawan.jpg

"Akses yang mudah dengan penerbangan langsung ke kota-kota besar, banyaknya pilihan destinasi wisata, hingga biaya berwisata dan harga kuliner yang relatif murah membuat orang banyak memilih Banyuwangi," kata Bram lagi.

Untuk itu dia berharap berbagai pelayanan di bidang pariwisata oleh stakeholder ditingkatkan. Misalnya keramahan dan kesopanan pelayan restoran, hingga kesadaran wisatawan membuang sampah pada tempatnya diharapkan terus meningkat.

Perilaku yang membuat wisatawan nyaman dan senang harus terus dibudayakan agar perkembangan pariwisata daerah berjalan semakin cepat. (*)

Jurnalis :
Editor :
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search