TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Pilkada 2018

GP Ansor Kota Malang Pastikan Netral

02/01/2018 - 12:55 | Views: 10.18k
ILUSTRASI: Abah Anton maupun Nanda Ya’qud Gudban (GRAFIS: TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Sesuai dengan keputusan PCNU, PC GP Ansor Kota Malang akan bersikap netral terhadap calon wali kota Pilkada 2018 yang muncul, baik Abah Anton maupun Nanda Ya’qud Gudban.

Keputusan untuk bersikap netral ini, dikatakan Ketua PC GP Ansor Kota Malang Junaidi, sudah sesuai dengan khittah perjuangan NU. Sebagai benteng ulama, GP Ansor  akan terus menjaga marwah ulama’ NU.

“Keputusan PCNU itu adalah keputusan yang baik, artinya dengan sikap seperti itu, maka keputusan PCNU yang pernah dirilis bulan Syawal kemarin untuk mendukung satu pasangan calon teranulir dengan sendirinya,” kata Junaidi, Selasa, (2/1/2018).

Soal dukungan GP Ansor Kota Malang, Junaidi menjelaskan akan  mendukung dengan syarat visi misinya sinergi dengan ideologi NU, yaitu ahlussunnah waljama’ah asyariyah wal maturidiyah ala thoriqoti madzhab syafi’iyah.

Dijelaskannya, jika ada calon yang berkoalisi dengan salah satu partai politik yang mana parpol tersebut perjuangannya seringkali mereduksi dan menstigma NU bahkan lebih ekstrimnya adalah anti NKRI, "GP Ansor Kota Malang tidak akan mendukung sosok yang didukung oleah parpol seperti itu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, GP Ansor Kota Malang ingin calon yang akan didukung adalah yang mau duduk bersama dengan PCNU Kota Malang beserta banom-banomnya dalam menata Kota Malang agar lebih baik ke depannya. 

"Bukan sosok yang tidak manut Kiai dan NU, apalagi merendahkan dan melecehkan NU dan muruah Kiai," terangnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Kasatkorcab Banser Kota Malang, Sarbini mengatakan Banser adalah bagian dari GP Ansor secara kelembagaan. Karena itu, Banser akan mendukung sikap GP Ansor Kota Malang.

"Keputusan GP Ansor ini, berkaitan dengan menjaga atau membentengi marwah para ulama. Jadi Banser akan menjadi garda terdepan dalam membentengi ulama dan GP Ansor Kota Malang," katanya.(*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Faizal R Arief
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Banyuwangi
Top

search Search