TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

BPBD Kota Batu: Pengurangan Risiko Bencana Harus Jadi Prioritas

31/12/2017 - 23:31 | Views: 4.72k
Simulasi tanggap bencana oleh BPBD Batu, Selasa 14/11/2017. (FOTO : Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BATU – Keadaan geografis Kota Batu yang didominasi pegunungan, memungkinkan terjadinya longsor di musim hujan dan kebakaran hutan saat musim kemarau.

Untuk itu, diperlukan kesiapan menghadapi bencana. Pengurangan risiko bencana harus menjadi prioritas dalam pembangunan pada semua sektor.

"Besar kecilnya bencana sangat ditentukan oleh alam, dan faktor manusia juga berpengaruh besar terhadap kerusakan alam," demikian disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, dalam siaran persnya, Minggu (31/12/2017) malam.

BACA JUGA: Tahun 2017, BPBD Catat 114 Bencana di Kota Batu

Dalam catatannya, BPBD Kota Batu telah menyalurkan bantuan sepanjang tahun 2017. Di antaranya perbaikan rumah, perbaikan saluran air, pembangunan plengsengan penahan bangunan rumah, dan perbaikan atap sekolah.

Selain bantuan, dalam upaya pencegahan, selama 2017, BPBD Kota Batu melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah, mulai untuk anak TK hingga mahasiswa

"Kami telah melaksanakan 70 kegiatan penyuluhan menghadapi bencana selama tahun 2017," ujar Sasmito, Kepala BPBD Kota Batu.

Selain itu, BPBD Kota Batu juga melatih relawan tingkat desa/kelurahan dan Puskesmas. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search