TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ekonomi

Manfaatkan Pekarangan Rumah, Warga Manyar Budidayakan Lele

27/12/2017 - 17:17 | Views: 5.87k
Pembudidaya lele di Desa Peganden, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. (FOTO: Akmal /TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, GRESIK – Memanfaatkan pekarangan sempit di daerah industri, warga Desa Penganden, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, membudidayakan lele. 

Salah satu pembudidaya lele asal Desa Peganden, Nurul Hidayah (45) mengatakan bahwa membudidayakan lele sangat menguntungkan. Betapa tidak, dengan kolam seluas 800 meter, Nurul mampu memanen lele hingga 1,8 ton. 

"Sempitnya lahan sebenarnya bisa untuk dibuat membudidaya lele. Seperti memanfaatkan pekarangan," katanya, Rabu (27/12/2017).

Dari kesuksesannya membudidayakan lele di lahan yang sempit, dirinya berharap semakin banyak masyarakat yang berminat untuk budidaya lele.

“Bila Gresik banyak petani lele dan mandiri produksi lele, maka bisa memiliki benih sendiri dan bisa semakin banyak produksinya,” jelasnya.

Pembudidaya lain Mahfud (58) menyatakan, ia memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumahnya untuk berbudidaya lele. Bahkan, sampai menggunakan ruangan kosong di dalam rumah untuk kolam lele.

"Meski tidak besar, tempat budidaya lele miliknya, bisa membantu memenuhi kebutuhan permintaan pasar saat ini," tambah dia. 

Ikan lele dari Desa Peganden, Kecamatan Manyar ini di distribusikan ke dua kota yakni memasok ke daerah Gresik dan Lamongan. (*)

Jurnalis : MFA Rohmatillah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search