TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Ketahanan Informasi Pendidikan

Unisma Persiapkan Mahasiswa Menulis Skripsi Melalui Workshop Sehari

23/12/2017 - 14:39 | Views: 13.61k
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang bekerjasama dengan IAI Wilayah Jawa Timur Komisariat Malang Raya menggelar kegiatan Workshop Metodologi Penelitian dan Strategi Publikasi Riset Bisnis, Sabtu (23/12/2017). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Continuoes Improvement dan Maju Bersama dalam membangun Ekonomi Bangsa merupakan semboyan yang dipegang oleh Fakultas Ekonomi Unisma dalam komitennya menjalankan Caturdharma Pendidikan Tinggi.

Hal ini membawa dampak dengan diterimanya Peringkat Akreditasi  “ A” dari Badan Akreditasi Nasional BAN PT  untuk Program Studi S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Unisma dengan nomor SK 4500/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017. Setelah sebelumnya program studi S-1 Manajemen UNISMA  telah meraih akreditasi A. 

Hal ini merupakan kado yang sangat istimewa mengingat 2 program studi yang berada dibawah Fakultas Ekonomi UNISMA telah memproleh akreditasi A dari BAN PT.

Workshop-Sehari-2.jpg

Sebagai bentuk komitmen atas pencapaian tersebut Fakultas Ekonomi Unisma tidak hanya berhenti dalam meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa.

Salah satu bentuk peningkatan kualitas layanan tersebut pada Sabtu ( 23/12/2017) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang bekerjasama dengan IAI Wilayah Jawa Timur Komisariat Malang Raya menggelar kegiatan Workshop Metodologi Penelitian dan Strategi Publikasi Riset Bisnis.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa  program S1 Fakultas Ekonomi dan mahasiswa Program Pasca Sarjana  Magister Manajemen Universitas Islam Malang.
 
Workshop Metodologi Penelitian tersebut berlangsung di  Hall Abdurahman Wahid gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang. Selama satu hari penuh peserta workshop diberikan materi metodologi penelitian dan strategi publikasi pada jurnal ilmiah.

Tujuan kegiatan ini adalah membekali mahasiswa terkait teknis, mekanisme penelitian serta kiat jitu untuk mengubah skripsi dan tesis menjadi artikel yang dapat terbit di jurnal nasional maupun internasional.

Disamping itu juga  untuk meningkatkan kualitas lulusan khususnya dalam bidang penelitian. Upaya peningkatan kualitas mahasiswa Fakultas  Ekonomi Universitas Islam Malang  penting seiring dengan dinamika serta problematika sistem pendidikan.

Berbagai upaya perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas mahasiswa. Diantara indikator meningkatnya kualitas mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang adalah adalah adanya peningkatan kualitas penelitian baik dari segi tata tulis, susunan kalimat maupun ide penelitian yang diajukan.

Nur Diana SE, MSi. Dekan  Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dalam mengungkapkan bahwa keterbatasan pengalaman mahasiswa dalam melakukan penelitian sangat dipengaruhi oleh keterbatasan kompetensi dalam melakukan penelitian serta keterbatasan kesempatan untuk melakukan kegiatan penelitian.

Disamping itu terdapat keterbasana untuk melakukan publikasi hasil riset ke jurnal/prosiding. Hal ini merupakan persyaratan mutlak bagi mahasiswa saat akan  meraih gelar sarjana baik  S-1 maupun S2. 

Akibatnya  ketika mahasiswa dituntut untuk melakukan penelitian mengalami kesulitan. Kendala yang biasa dihadapi oleh mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir kuliah (skripsi/ tesis) adalah bagaimana cara menggali ide dan menentukan jenis penelitian yang akan dilakukan serta mengubah hasil penelitian skripsi maupun tesis menjadi artikel yang siap publis di jurnal nasional maupun internasional.

Kegiatan tersebut seolah menjadi angin segar bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang khususnya yang  saat ini mengambil mata kuliah skripsi. Hal tersebut terbukti dengan antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kegitana tersebut sangat besar. 

Dr. Mohammad  Fahrudin Arrozy SE, MSi, Ak, CA  ( peneliti nasional ) memaparkan strategi publikasi riset bisnis dengan narasumber  yang diikuti oleh 400 peserta baik dari dosen, mahasiswa S1 maupun S2. 

Nuri Badria, mahasiswa prodi akuntansi yang saat ini memenpuh skripsi mengatakan jika workshop ini sangat bermanfaat. 

Dalam Acara ini juga dilakukan penyerahan sertifikat Brevet Pajak A&B oleh IAI Wilayah Jawa Timur Komisariat Malang Raya kepada 10 peserta diklat Brevet pajak secara simbolis. (*)

Jurnalis :
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search