TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Pemungutan Suara Majelis Umum PBB: 128 Negara Tolak Pengakuan AS Soal Yerusalem

22/12/2017 - 12:30 | Views: 62.16k
ILUSTRASI. (FOTO: DetikNews)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melakukan pemungutan suara soal resolusi yang mendesak Amerika Serikat menarik keputusan yang menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel, Kamis (21/12).

Hasil akhir pemungutan suara tersebut menyatakan: 128 negara menyatakan dukungan terhadap resolusi, 9 negara menolak dan 35 lainnya abstain. Sebanyak 21 negara tidak hadir untuk memberikan suaranya.

Indonesia termasuk dalam 128 negara yang mendukung resolusi, bersama empat negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB yakni Cina, Prancis, Rusia, dan Inggris.

Di antara negara yang menyatakan abstain dalam pemungutan suara pada Kamis adalah Australia, Kanada, Meksiko, Argentina, Kolombia, Republik Ceko, Hongaria, Polandia, Filipina, Rwanda, Uganda dan Sudan Selatan.

Sementara negara Guatemala, Honduras, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Palau, Nauru dan Togo bergabung dengan Amerika Serikat dan Israel menyatakan menolak resolusi.

Meski resolusi Majelis Umum PBB bersifat tidak mengikat, namun besarnya dukungan atas resolusi ini bisa memberikan tekanan politis.

Selain menolak keputusan Trump soal Yerusalem, resolusi Majelis Umum PBB ini menegaskan bahwa status Yerusalem harus diselesaikan lewat negosiasi, dan setiap keputusan yang dibuat di luar kerangka itu harus dicabut.

Sebelum voting digelar pada Kamis (21/12) waktu setempat, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan memangkas dana bantuan bagi negara-negara yang mendukung resolusi tersebut.

Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour mengatakan, resolusi ini merupakan pukulan bagi Amerika.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa hasil voting ini menunjukkan ilegalitas keputusan Trump soal Yerusalem dan meminta pemerintah AS untuk mencabut keputusan tersebut. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher :
Sumber : TIMES Indonesia
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search