TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Pemilu 2019

KPU Lamongan Wacanakan Pemekaran Dapil

21/12/2017 - 19:27 | Views: 6.35k
Divisi Teknis KPU Lamongan Nursalam, memberikan pemaparan di Rapat Kerja Penyusunan, Penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD Lamongan dalam Pemilu 2019, di Hotel Grand Mahkota, Kamis (21/12/2017). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, LAMONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, berwacana untuk memekarkan daerah pemilihan (Dapil) pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Wacana pemekaran Dapil ini mengacu pada usulan masyarakat, dengan menggunakan prinsip penataan penataan Dapil, seperti keseteraan suara, ketaatan pada sistem Pemilu proporsional, proporsional, integritas wilayah, coterminu, kohesivitas dan kesinambungan.

‘’Kami hanya mengusulkan yang berdsarkan aspirasi masyarakat,’’ kata Divisi Teknis KPU Lamongan Nursalam, di sela-sela Rapat Kerja Penyusunan, Penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD Lamongan dalam Pemilu 2019, di Hotel Grand Mahkota, Kamis (21/12/2017).

Lebih lanjut, Nursalam mengatakan, sampai saat ini, KPU Lamongan masih dalam tahap penyerapan aspirasi masyarakat tentang wacana dapil. Apalagi, penataan Dapil, juga harus melibatkan Pemerintah Daerah Lamongan, partai politik (Parpol), Panwaskab dan pemangku kepentingan lainnya.

“Ketetapannya nanti KPU RI,” katanya.

Sementara itu, beberapa pihak berharap supaya KPU Lamongan segera merumuskan penetapan Dapil untuk pemilu 2019 mendatang. Sebab, sejumlah parpol peserta pemilu menunggu kepastian pemekaran Dapil untuk merumuskan strategi pemenangan.

“Agar segera ada kepastian tentang dapil, sehingga masing-masing parpol sebagai peserta pemilu bisa menyiapkan strategi sejak dini,” ujar Sekretaris DPC PDIP Lamongan Saim.

Di lain pihak, DPC PKB Lamongan tetap menyatakan kesiapannya apabila ada perubahan Dapil pada pemilu 2019 atau tidak. ‘’Berapapun kami siap untuk memenangkan,’’ kata pengurus DPC PKB Lamongan, M. Syukrilah. (*)

Jurnalis : Ardiyanto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search