TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Warga dan Forpimka Rubaru Kompak Bersihkan Jalan Longsor

21/12/2017 - 17:49 | Views: 6.25k
Warga bersama Forpimka Rubar dan kepala Desa Basoka, Achmad Suhdi, membersihkan tanah longsor yang menutup jalan raya. (FOTO: Busri Toha / TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, SUMENEP – Puluhan warga di Dusun Batoguluk, Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, bersama Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Rubaru, serta kepala Desa Basoka, kompak membersihkan jalan raya yang tertimbung tanah longsor di wilayah setempat, Kamis (21/12/2017). .

Longsor terjadi di Dusun Batoguluk setelah terjadi hujan lebat disertai dengan angin kencang, berkisar pukul 17.00 WIB, Rabu (20/12/2017). Parahnya, longsor paling parah terjadi di tiga lokasi di dusun tersebut.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kondisi paling parah terjadi di jalan utama penghubung desa, antara Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, menuju Desa Gadu Timur Kecamatan Ganding. Bahkan, di lokasi tersebut, kendaraan roda dua saja tidak bisa melintasi.

Mansur, warga setempat mengatakan, wilayah Batoguluk memang rawan terjadi longsor.  Ketika terjadi angin kencang dan hujan lebat, selalu terjadi longsor. Bahkan, sudah bisa dipastikan setiap tahun selalu terjadi longsor ketika musim hujan.

”Waktu itu, hujan sangat lebat disertai dengan angin kencang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tapi, akses jalan raya menuju dua kecamatan, tertutup dan tertimbung longsor,” terangnya.

Kepala Desa Basoka, Achmad Suhdi mengaku sangat prihatin dengan longsor yang sering terjadi di wilayah Basoka. Bahkan, setiap memasuki musim hujan, seringkali terjadi longsor sebagaimana tahun sebelumnya.

”Kami berharap masyarakat waspada dengan kejadian longsor. Ketika sudah hujan, hindari tempat-tempat rawan longsor,” terangnya. (*)

Jurnalis : Busri Toha
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search