TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Subhanallah! Abang Becak Ini Wakafkan Tanah untuk Makam

21/12/2017 - 16:41 | Views: 9.15k
Suprapto (kiri), tukang becak yang mewakafkan tanahnya untuk kuburan (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Abang becak di Desa Tongas Wetan, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jatim, ini patut menjadi teladan. Ia dengan ikhlas mewakafkan sebidang tanahnya seluas 731 meter persegi untuk kepentingan kuburan warga. 

Abang becak itu bernama Suprapto. Ia biasa mangkal di sekitar Probolinggo Plaza, Kota Probolinggo hingga 2001. Kamis (21/12/2017), tanah wakaf tersebut diukur.

Pengukuran dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat bersama Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Probolinggo, dan Kantor Kemenag kabupaten setempat. 

Suprapto mulai mengayuh becak sejak 1983. Kala itu, ongos satu kali tarik becak dari Kota Probolinggo Plaza-Mayangan hanya sekitar Rp 100.  Namun tetap ia jalani dengan penuh keikhlasan. 

Pagi buta, ia gowes becaknya dari arah Tongas menuju Kota Probolinggo dan pulang menjelang matahari terbenam. Rutinitas itu ia jalani selama 18 tahun yang hasilnya ditabungkan untuk menyewa dan membeli tanah di sekitar rumahnya. 

Sebagai usaha dan pekerjaan sampingan ia juga bercocok tanam. “Jadi tanah yang ia wakafkan benar-benar berasal dari hasil keringatnya mengayun becak selama belasan tahun tersebut,” kata Suprapto, sebagaimana dikutip Kemenag Probolinggo.wordpress.com.

Pengukuran tanah wakaf milik Suprapto ini, merupakan bagian dari 150 bidang wakaf dalam program prona wakaf yang dilaksanakan atas kerjasama cerdas Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Kabupaten Probolinggo dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) serta Kankemenag Kabupaten. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search