TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Pemilu 2019

Empat Parpol di Banyuwangi Masih Jalani Proses Verikasi

18/12/2017 - 17:27 | Views: 12.42k
Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU, Edi Saiful Anwar saat di kantornya Jalan KH Agus Salim Banyuwangi. (FOTO: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi tengah meneliti terhadap berkas keanggotaan dari 4 partai yang telah mendaftar di KPU RI.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Banyuwangi, Edi Saiful Anwar mengatakan, dari pendaftar 14 partai politik, dokumen hasil penelitian dari KPU RI telah ada 12 Parpol yang dinyatakan telah memenuhi syarat administrasi. Sedang 2 partai lainnya masih belum memenuhi dokumen administrasi. Setelah dilakukan koreksi oleh Bawaslu, tanggal 15 Desember kemarin adalah batas akhir penyerahan perbaikan berkas keanggotaan partai.

“Pasca putusan Bawaslu itu ada 4 parpol yang diverifikasi lagi, dan itu masih proses. Pertama PBB, PKPI, Partai Idaman, dan Partai Republik, nah itu sekarang sedang kita teliti lagi,” kata Edi dikantor KPU Jalan KH Agus Salim Banyuwangi, Senin, (18/12/2017).
 
Setelah dilakukan penelitian berkas, kata Edi, KPU Banyuwangi akan melaporkan hasilnya kepada KPU RI melalui KPU Provonsi Jatim. Jadi proses ini masih panjang, masih ada tahapan verifikasi faktual terutama untuk Partai Politik baru seperti Partai Perindo dan PSI.

Sedang untuk tahapan proses verifikasi ini sesuai time line KPU hingga 4 Januari, untuk hasil dari verifikasi berkas keanggotaan partai masih diberikan waktu perbaikan sebelum direkap secara nasional pada 17 Februari 2018 mendatang.

“Hasil perbaikannya seperti apa nanti kita laporkan lewat KPU Provinsi. Dan 17 Februari baru penentuan parpol-parpol peserta pemilu 2019,” ucapnya. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search