TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Terima Konjen Tiongkok, Gubernur Pastika Tegaskan Bali Aman untuk Dikunjungi

13/12/2017 - 13:56 | Views: 6.15k
Gubernur Bali Made Mangku Pastika, saat menerima kunjungan dari Konsul Jendral (Konjen) Tiongkok Yang Mulia Hu Yinguan di ruang kerjanya, Rabu (13/12/2017).(FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, DENPASAR – Gubernur Bali Made Mangku Pastika, menegaskan bahwa Bali tetap aman dan dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Meskipun saat ini Gunung Agung masih menggeliat menunjukkan aktivitasnya.

Daerah yang terdampak hanya dalam radius 8 kilo meter, ssedangkan daerah lain di luar zona rawan bencana tersebut dinyatakan aman dan tak akan terkena dampak jika Gunung Agung erupsi. Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Bali saat menerima kunjungan dari Konsul Jendral (Konjen) Tiongkok Yang Mulia Hu Yinguan di ruang kerjanya, Rabu (13/12/2017). 

Pastika juga menjelaskan, ada kesan bahwa seluruh pulau Bali berada pada level 4 padahal sesungguhnya hanya radius 8 kilo meter saja yang berada dalam level tersebut.

"Demikian pula halnya dengan kesiapsiagaan petugas, peralatan serta masyarakat saat ini jauh lebih siap dan paham betul apa yang harus dilakukan jika seandainya Gunung Agung meletus," imbuhnya. 

Terkait terjadinya penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang sempat terjadi, Pastika menyampaikan bahwa sejak Gunung Agung menggeliat pada bulan September, penutupan bandara baru terjadi satu kali dan penutupan berlangsung kurang lebih 2,5 hari dan hingga saat ini kondisi bandara aman dan penerbangan berjalan normal. 

“Saya mohon Yang Mulia bisa sampaikan kepada Pemerintah dan masyarakat Tiongkok bahwa  Bali masih sangat aman untuk dikunjungi. Silahkan datang berwisata ke Bali. Saya yakin warga Tiongkok masih cinta Bali dan ingin berlibur lagi ke Bali,” ujarnya

Dalam kesempatan tersebut, Pastika juga menyampaikan ucapan terima kasih pada Pemerintah Tiongkok yang telah menyalurkan sumbangan bagi para pengungsi Gunung Agung. 

Sementara, Konjen Tiongkok menyampaikan, pemerintah Tiongkok ikut prihatin dengan kondisi pariwisata Bali yang terimbas Gunung Agung. Menurut Hu Yinguan, Pemerintah Tiongkok mengeluarkan travel warning bukan karena adanya bahaya di Bali akibat erupsi Gunung Agung. Peringatan ditujukan pada kemungkinan bandara ditutup yang akan mengganggu perjalanan.

"Meskipun travel warning dikeluarkan, namun masih banyak warga negara yang tetap datang dan berlibur di Bali. Saya juga berharap Gunung Agung dapat segera kembali normal dan kondisi pariiwsata Bali dapat pulih secepatnya," ujarnya.(*)

Jurnalis : Muhammad Khadafi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search