TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Jenderal Gatot Tekankan Lagi Soal Netralitas Prajurit TNI

09/12/2017 - 12:55 | Views: 5.19k
Mantan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Mantan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan kembali bahwa prajurit TNI selalu menjaga netralitasnya. Apalagi Indonesia akan memasuki tahun politik, mulai dari pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019.

"Tahun-tahun mendatang Bangsa Indonesia akan menjalani tahun politik. Menghadapi semua tantangan ini saya ingin mengingatkan kepada segenap prajurit TNI untuk sungguh-sungguh teguh memegang prinsip netralitas serta terus memedomani Sapta Marga dan Sumpah Prajurit dalam setiap langkah tindakan kalian," kata Gatot dalam amanatnya saat Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12).

Menurut Gatot, sikap netralitas, rasa waspada dan mawas diri terhadap segala ancaman adalah hal yang sangat penting untuk mewujudkan efektivitas kerja TNI. "Hal ini sekaligus menjadi penyangga utama bagi tegak dan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI yang baru Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjamin akan netralitas TNI pada penyelenggaran pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Dia akan membangun TNI yang profesional, independen dan modern.

"Memasuki tahun politik yang merupakan proses demokrasi, TNI akan memegang teguh netralitas dari atas sampai bawah. Demikian pun pengamanan pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019 harus mengutamakn asas hukum dan perundangan-undangan yang berlaku," kata Hadi.

Hadir pada acara itu Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Mulyono dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ade Supandi.

Tampak pula Wakil Kapolri Safruddin, Kepala BNN Budi Waseso dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search