TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Harjaba TIMES Banyuwangi

Ada Lomba Mewarnai, Kantor Desa Pesanggaran Dibanjiri Ibu dan Anak

09/12/2017 - 09:48 | Views: 5.12k
Ibu-ibu dan anak-anak membanjiri Kantor Desa Pesanggaran di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Masyarakat dari dua kecamatan, Pesanggaran dan Siliragung, membanjiri Kantor Kepala Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/12/2017).

Warga yang didominasi ibu-ibu dan anak-anak itu merupakan peserta Lomba Mewarnai Pahlawan Blambangan yang digelar Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, bekerjasama dengan Komunitas Banjoewangi Tempo Doeloe, Blambangan Kingdom Explorer dan TIMES Indonesia sebagai media support.

Setelah lomba dimulai, anak-anak itu langsung mewarnai kertas di hadapan mereka. Bagian badan cenderung diberi warna cokelat muda, sedangkan bagian udeng lebih bervariasi seperti hijau, kuning atau merah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiyono mengatakan kegiatan seru ini tepat untuk mengenalkan anak-anak kepada pahlawan di daerah mereka. Anak-anak dituntut sebagus mungkin mewarnai gambar sosok Wong Agung Wilis, Sayu Wiwit, dan Rempeg Jogopati.

Peserta-Loba-mewarnai.jpg

"Acara ini sengaja kita gelar guna mengenalkan sosok pahlawan lokal Banyuwangi, sekaligus sebagai wujud pembentukan karakter sejak usia dini,"  kata Sulihtiyono.

Sebelumnya acara sukses digelar di Blimbingsari, Sabtu (25/11/2017), yang diikuti siswa sekolah dari 2 kecamatan, Blimbingsari dan Rogojampi. Kini di Pesanggaran diikuti anak-anak pendidikan usia dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK) dan kelas 1 sekolah dasar (SD), dari Kecamatan Pesanggaran dan Kecamatan Siliragung.

"Para pahlawan lokal Banyuwangi ini memiliki semangat yang gigih dalam mengusir penjajah VOC dari Bumi Blambangan," imbuh Sulihtiyono.

Selanjutnya akan digelar kembali lomba mewarnai pahlawan Blambangan ke-3 di Petilasan Prabu Tawang Alun, Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat, tanggal 16 Desember mendatang. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search