TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Sering Cemas, Hindari Makanan Ini

09/12/2017 - 05:17 | Views: 5.32k
ILUSTRASI: Gelisah. (FOTO: Merdeka)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Selalu gelisah, cemas, tidak tenang, dan panik tanpa alasan adalah beberapa gejala yang ditimbulkan dari anxiety disorder. Jika Anda mengalami gangguan kecemasan semacam ini, Anda patut waspada.

Berbeda dari rasa cemas biasa, kecemasan pada anxiety disorder sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Penderitanya akan merasa lemah, sulit tidur, bahkan tak sanggup keluar rumah.

Untuk meminimalkan gangguan tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Selain berkonsultasi dengan psikiater, Anda juga harus lebih mencermati asupan makanan Anda. Bagaimanapun, pola makan dapat mempengaruhi tingkat kecemasan Anda.

Berikut ini adalah lima makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda mengalami gangguan kecemasan atau anxiety disorder, dilansir dari Klik Dokter.

Kafein
Kafein dapat memicu pelepasan adrenalin yang dapat meningkatkan detak jantung. Hal ini kemudian dapat membuat seseorang merasa gugup dan mual. Jika Anda sering mengalami kegelisahan pada pagi hari, hindarilah minum kopi. Cobalah beralih dengan meminum teh atau jus hijau.

Gula Buatan
Studi menunjukkan bahwa meskipun gula tidak menyebabkan kegelisahan secara langsung, namun tetap dapat menciptakan perubahan pada tubuh Anda. Artinya, gula dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk mengatasi stres dengan efektif. Pada akhirnya, konsumsi gula dapat memperburuk gejala kecemasan Anda.

Gluten
Sebuah penelitian telah mengonfirmasi bahwa penderita penyakit Celiac dan intoleransi gluten memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kecemasan, depresi, dan gangguan mood. Oleh karena itu, kurangilah asupan gluten untuk mengelola kecemasan menjadi lebih baik.  

Makanan Olahan
Tepung dan gula yang dimurnikan akan menyuburkan bakteri “jahat” di usus. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa kesehatan usus juga merupakan penyumbang utama kecemasan kronis. Untuk itu, supaya mood Anda dapat kembali normal, perbanyak populasi bakteri “baik” di usus dengan menghindari makanan olahan.

Alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat membangkitkan gejala kecemasan. Alkohol adalah toksin yang mengganggu fungsi fisik dan mental seseorang. Selain itu, alkohol juga dapat memengaruhi tubuh dan sistem saraf, meningkatkan denyut jantung, menurunkan kadar gula darah, dan memicu dehidrasi akut.

Susu
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi susu dapat membuat seseorang menjadi lebih cemas. Bahkan, kecemasan dapat meningkat dalam beberapa menit setelah meminum susu. Di samping itu, susu bisa mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan, menyebabkan kembung, diare, atau konstipasi.

Agar tidak terus-menerus mengalami rasa cemas, hindarilah beberapa makanan di atas. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search