TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Waspadai Jika Tubuh Mengeluarkan Bunyi Ini

09/12/2017 - 03:48 | Views: 11.57k
ILUSTRASI: Cegukan (FOTO: alodokter)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Jika kita cermati, tubuh akan mengeluarkan beberapa bunyi tertentu. Ada beberapa bunyi yang sebenarnya tidak perlu dicemaskan, namun, ada pula bunyi yang ternyata patut untuk kita waspadai karena bisa jadi adalah tanda akan adanya masalah kesehatan.

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan dr. Natalie Azam menyarankan kita untuk mewaspadai bunyi yang keluar dari beberapa bagian tubuh seperti sebagai berikut.

Cegukan
Meskipun wajar terjadi, ada beberapa kasus cegukan yang cukup parah dan tidak bisa disepelekan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika cegukan sampai berlangsung hingga lebih dari 48 jam, maka bisa jadi hal ini menandakan adanya kelainan saraf.

Bersendawa
Bersendawa juga merupakan tanda akan lepasnya udara dari perut yang sebenarnya wajar terjadi. Namun, sendawa yang disertai dengan sensasi terbakar ada baiknya tidak disepelekan karena menandakan adanya inflamasi pada perut yang dipicu oleh infeksi bakteri yang memicu masalah tukak lambung.

Telinga Berdenging
Kondisi telinga yang berdenging dalam dunia medis disebut sebagai tinnitus. Meskipun sebenarnya wajar terjadi, jika kondisi ini terjadi hingga lebih dari dua hari dan disertai dengan rasa nyeri atau vertigo yang membuat kepala sangat pusing, bisa jadi ada kerusakan atau kelainan pada telinga yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Perut Bergemuruh
Jika perut berbunyi layaknya gemuruh, hal ini menandakan adanya udara dan cairan yang digerakkan oleh otot-otot pada saluran pencernaan. Hal ini menandakan bahwa sistem pencernaan sedang melakukan pembersihan. Kita perlu mewaspadai suara ini jika diiringi dengan rasa nyeri, kram, atau sesak nafas.

Persendian Berderak
Tekanan pada sendi memang bisa membuat gas muncul pada persendian dan menimbulkan bunyi berderak. Hanya saja, jika suara ini juga disertai dengan rasa nyeri, ada baiknya kita harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search