TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Pemuda Ring Satu Semen Gersik Tuntut Pekerjaan

08/12/2017 - 20:48 | Views: 13.93k
Protes pemuda ring satu PT. Semen Gersik diterima managemen dan berlangsung hering di ruang pabrik Tuban, Jum'at (08/12/2017). (FOTO: Safuwan/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, GRESIK – Puluhan pemuda dari beberapa desa ring satu PT Semen Gersik menggruduk pabrik Semen Gresik di Tuban. Mereka menuntut pekerjaan,  Jumat (8/17/2017).

Kelompok pemuda yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Pengangguran Ring I Semen Gresik, ini datang mengendarai motor secara ramai-ramai.

"Kami minta Semen Gresik tidak menutup mata dengan maraknya pengangguran di desa-desa ring satu. Kami minta dipekerjakan di pabrik semen, karena kami tidak punya pekerjaan," pinta koordinator aksi Bowo. 

Di hadapan perwakilan manajemen Semen Gresik, mereka menilai bahwa Semen Gersik mendiskriminasi dan mengabaikan pemuda ring satu sebagai pekerja. 

"Sama-sama ring satu Semen Gresik, kenapa yang lain bisa bekerja di sini dan kami tidak? Padahal setiap hari kami juga mendengar bisingnya suara-suara mesin pabrik berbungnyi, menghirup debu semen dan gemuruh peledakang di area tambang. Ini namanya diskriminasi," tegas Indra perwakilan pemuda dari Desa Sumberarum.

Menanggapi tuntutan pemuda, perwakilan Bina Lingkungan Semen Gresik Siswanto mengatakan, bahwa selama ini pekerjaan yang ada telah diisi dari pekerja ring satu. 

"Soal rekrutmennya seperti apa, itu kita serahkan kepada subkontraktor. Yang jelas kita mewajibkan seleksi dilakukan secara terbuka dan memprioritaskan warga ring satu," kata Siswanto.

Diakhir pertemuan, para pemuda ring satu itu meminta agar Bina Lingkungan untuk memfasilitasi dialog dengan para subkontraktor di lingkungan Semen Gresik tentang bagaimana melakukan perekrutan tenaga kerja salama ini. 

"Kami tidak muluk-muluk ingin jadi pegawai semen. Kami hanya ingin kerja meski hanya dilingkup tenaga kasar. Jika Semen Gresik tidak bisa mengatasi masalah pengangguran ini, tutup saja pabrik semen ini," cletuk Chanif perwakilan pemuda dari Desa Karang Asem. (*)

Jurnalis : Safuwan
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search