TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Perjuangan TNI di Medan Bencana

Gandeng Basarnas, Yonif 511/DY Bantu Evakuasi

08/12/2017 - 15:31 | Views: 4.92k
Seorang prajurit TNI membantu memasak di dapur umum korban bencana alam di Pacitan. (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, PACITAN – Perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tak hanya di meda pertempuran, tapi juga di medan bencana alam. Seperti yang terjadi di Pacitan, Jatim. 

Bencana banjir dan longsor di wilayah barat selatan Jawa Timur ini menggugah semangat juang para prajurit TNI. Pasca bencana, banyak warga yang kehilangan tempat tinggal. Bahkan warga sampai trauma.

“Ini yang membuat prajurit-prajurit TNI berupaya keras untuk bahu membahu bersama pemda dan masyarakat untuk membantu masyarakat yang terkena bencana. Ini semangat dan tekat TNI,’’ tandas Danrem 081/DSJ Kolonel (Inf) R. Sidharta Wisnu Graha SE pada TIMES Indonesia.

Sebagai langkah konkret, Korem 081 juga mengajak jajarannya untuk terus membantu para korban. Korem juga koordinasi dengan Basarnas. Bersama TNI dari Yonif 511/DY, mereka membantu masyarakat yang jadi korban. Para prajurit mengevakuasi barang-barang yang masih tersisa akibat banjir dan tanah longsor ke tempat yang lebih aman.  

TNI-Pacitan.jpg

Personel Yonif 511/DY yang tergabung dalam tim evakuasi dengan sigap membantu mengevakuasi barang – barang masyarakat korban banjir di Dusun Mloko, Desa Sedeng, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. 
“Evakuasi ini dilakukan agar jika sewaktu-waktu terjadi banjir dan tanah longsor lagi, tidak menimbulkan korban jiwa,’’ tandas Sidharta.

Sementara, Dandim 0801/Pacitan Letkol (Kav) Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang mengatakan, bantuan evakuasi akan terus dilakukan TNI dan Basarnas. “Bantuan ini kami lakukan sampai Tanggap Darurat Bencana Alam Pacitan usai. Bahkan bila masih dipandang perlu sampai keadaan benar-benar pulih kembali,’’ ujar Aristoteles. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search