TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Hindari Demam Berdarah dengan Cara Ini

05/12/2017 - 14:26 | Views: 4.78k
Fogging (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Memasuki musim hujan, penyakit demam berdarah dengue (DBD) biasanya meningkat. Warga biasanya beranggapan, penyakit tersebut bisa dicegah dengan pengasapan (fogging) dari pemerintah setempat.

Padahal langkah tersebut hanya akan membunuh nyamuk dewasa saja. Sedangkan jentik nyamuk tidak.

"Fogging juga hanya bertahan dua jam karena tersapu angin dan sebagainya," kata Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Probolinggo, Yusminingsih, Selasa (5/12/2017). 

Menurutnya, cara efektif untuk mencegah DBD adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan langkah tiga M plus. Yaitu menguras penampungan air, menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; menggunakan kelambu saat tidur.

Kemudian memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

Dinkes juga mengampanyekan 1 rumah 1 juru pemantau jentik (Jumantik), untuk melengkapi kader Jumantik bentukan Dinkes sebanyak tiga orang di setiap kelurahan se-Kota Probolinggo. "Jadi tidak harus petugas," katanya kepada TIMES Indonesia. Hingga November ini, tercatat ada 103 kasus DBD di Kota Probolinggo. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search