TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Musim Hujan Datang, Waspada 'Kencing Tikus'

02/12/2017 - 01:21 | Views: 4.14k
ILUSTRASI: Musim hujan (FOTO: istimewa)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Dengan mulai datangnya musim penghujan saat ini, masyarakat diminta mewaspadai penyebaran 'leptospirosis' atau biasa dikenal dengan penyakit kencing tikus.

"Selama musim hujan umumnya memang banyak penyakit menyerang warga, salah satunya adalah 'leptospirosis' atau biasa dikenal dengan penyakit kencing tikus," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Depok, Agus Gojali.

Dinamakan demikian karena memang penyebab utama leptospirosis adalah dari air seni binatang pengerat tersebut. Pada saat musim hujan, lebih banyak tikus berkeliaran dan meninggalkan air kencingnya di satu tempat sehingga bisa menularkan bakteri leptospirosa pada manusia, terlebih bila di kulit terdapat luka.

Menurut Agus, masyarakat perlu mewaspadai gejala leptospirosis yakni demam tinggi di atas 38 derajat celcius, jika dibiarkan bisa kejang dan mengalami kekakuan otot. Bila tak mendapat penanganan serius, leptospirosis bisa menyebabkan kematian pula.

Untuk mengantisipasi leptospirosis, Agus mengimbau warga lebih waspada, terutama menggunakan barang yang digunakan di gudang. Sebelum dipakai, barang rumah tangga lebih baik dicuci terlebih dahulu karena bisa jadi barang tersebut sudah terkontaminasi kuman dari tikus yang sudah berpindah tempat. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search