TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Evaluasi Pendampingan di Lombok, Dosen STPP Gelar Monev

23/11/2017 - 19:37 | Views: 16.64k
Dosen STPP Gelar Monev dan Evaluasi Pendampingan di Lombok (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, LOMBOK – Team Monev dari dosen Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang yang terdiri dari Dr. Ir. Ismulhadi, M.Si, Wahyu Windari, S.Pt, M.Sc, dan Drh. Iswati, M.Pt, melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi, Rabu (22/11/2017).

Monev dilakukan sebagai evaluasi pada kegiatan pendampingan yang dilakukan mahasiswa di Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Dalam kegiatan monev tersebut juga dilaksanakan perkuliahan berdasarkan materi yang ditempuh oleh masing-masing dosen. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di lapangan.

Pada kesempatan tersebut Wahyu Windari, SPt, M.Sc memberikan beberapa informasi terkait dengan kegiatan APBN-P yang akan segera selesai kepada mahasiswa bimbingannya. Selain itu ia juga menanyakan output apa yang diperoleh mahasiswa bimbingannya terdiri dari Lina, Faisal, Bimanda, Firman, Debrian dan Candra selama kegiatan pendampingan di  lapangan.

STPP-Malang-4Qhzl1.jpg

Mereka mengatakan banyak hal hal yang diperoleh dalam pelaksanaan kegiatan pendampingan. Seperti pengenalan dan dan pendalaman karakter dari setiap petani /peternak, penyuluhan, pengalaman melakukan pemeriksanaan kebuntingan (PKB) pada sapi dan kambing, pemberian obat dan vitamin, Inseminasi Buatan (IB) dan sinkronisasi estrus.

Lebih lanjut Wahyu mengatakan, kegiatan di atas merupakan strategi dalam mendukung peningkatan program SIWAB yang telah dilakukan selama tahun 2017.

Selama pelaksanaan pendampingan yang dilakukan mahasiswa di lapangan banyak memperoleh respon positif dari peternak dan pembimbing eksternal (Paramedis, Inseminator dan dokter hewan yang berada di wilayah kerja masing-masing mahasiswa). 

Hal ini seperti apa yang telah disampaikan oleh Sarifudin, A.Md Paramedis sekaligus Inseminator wilayah kerja Unit Pelaksana Teknis daerah (UPTD) Pertanian Kecamatan Gunungsari yang memberikan apresiasi yang sangat bagus akan adanya mahasiswa yang ikut diterjunkan di lapangan khususnya di Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Mahasiswa aktif terlibat kegiatan dan secara nyata memberikan motivasi positif bagi para peternak. Salah satu keberhasilan mahasiswa STPP Malang adalah membentuk kelompok ternak KTT Gegutu Kacang di Dusun Gegutu Kacang Desa Kekeri yang sekaligus juga dibuatkan logo dari kelompok ternak tersebut.

STPP-Malang-3Koqiv.jpg

Selain itu respon positif juga disampaikan oleh seluruh anggota kelompok ternak KTT Gegutu Kacang. 

Pada bagian lain Dr. Ismul mengatakan selain kegiatan pendampingan mahasiswa juga melakukan penyuluhan dengan berbagai macam materi. Seperti Hijauan Makanan Ternak (HMT), pembuatan pakan Silase, diskusi. 

Selain itu mahasiswa juga melaksanakan bakti masyarakat, melakukan penanaman rumput odot sebagai HMT yang berpotensi tinggi untuk peningkatan nutrisi sapi potong.

STPP-Malang-2BebQT.jpg

Kegiatan lain yang dilakukan mahasiswa dilapangan yaitu Pemeriksaan Kebuntingan (PKB), Inseminasi Buatan (IB), pemeriksaan kesehatan, pengobatan, membantu kelahiran dan konsultasi masalah peternakan. Semua kegiatan tersebut dilakukan menyesuaikan jadwal dari paramedis, inseminator dan dokter hewan.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search