TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Pilkada Probolinggo 2018

'Undian' Nasib Calon Independen Pilkada Probolinggo Dimulai Akhir Pekan Ini

23/11/2017 - 17:20 | Views: 13.87k
ILUSTRASI. (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Penyerahan dukungan untuk calon independen dalam pilkada Kota dan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur kepada KPU setempat, akan dibuka Sabtu hingga Rabu (25-29/11/2017) ini.

Sesuai ketentuan, calon independen di Kota Probolinggo harus mengantongi dukungan 26.522 pemilih, yang dibuktikan dengan KTP. Sedangkan di Kabupaten Probolinggo, harus mengantongi dukungan 64.314 pemilih.

Tak hanya itu, jumlah itu harus tersebar minimal di 50 persen + 1 dari total jumlah kecamatan di daerah setempat. Kota Probolinggo punya lima kecamatan, sedangkan Kabupaten Probolinggo punya 24 kecamatan.

"Penyerahan berkas dukungan jadwalnya tanggal 25-29 bulan ini," kata Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri kepada TIMES Indonesia, Kamis (23/11/2017). Jadwal ini juga berlaku di Kabupaten Probolinggo.

Setelah itu, berkas dan sebaran dukungan akan diteliti pada 25 November-1 Desember. Verifikasi administrasi potensi adanya dukungan ganda dilakukan pada 25 November-8 Desember. “Jika sudah sesuai, maka paslon dari jalur perseorangan bisa mendaftar,” terangnya.

Di Kota Probolinggo, pasangan Suwito-Feri Rahyuwono menyatakan siap menyerahkan dukungan Sabtu (25/11/2017) atau Minggu (26/11/2017) ke KPU setempat. Saat dihubungi Kamis (23/12017), Suwito mengaku sudah mengantongi 23 ribu dukungan. "Intinya sudah beres," katanya.

Sedangkan di Kabupaten Probolinggo, pasangan Jumanto-Imaduddin rencananya akan menyerahkan dukungan pada Selasa (28/11/2017) ke KPU setempat. "Dukungan sudah melebihi ketentuan Undang-Undang," kata Jumanto dalam kesempatan terpisah.

Calon independen ini akan bersaing dengan kandidat dari parpol/gabungan parpol. Di Kota Probolinggo, Suwito-Feri Rahyuwono akan bersaing dengan pasangan Fernanda Zulkarnain-Zulfikar Imawan (Golkar-NasDem), figur Habib Hadi Zainal Abidin (PKB), figur dr. Aminuddin (Gerindra), serta figur dari PDIP yang belum ditentukan.

Sedangkan di Kabupaten Probolinggo, calon independen akan bersaing dengan Incumbent P. Tantriana Sari yang didukung Golkar, NasDem, Gerindra, PPP, PDIP dan Hanura. Pesaing lainnya, adalah Abdul Malik Haramain, yang kini menjadi Ketua DPC PKB Kabupaten setempat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search