TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

PPS Lamongan Terbanyak di Jawa Timur

23/11/2017 - 14:23 | Views: 11.94k
Ribuan anggota PPS dilantik KPU Lamongan di GOR Kabupaten Lamongan, Kamis (23/11/2017). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, LAMONGAN – Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Lamongan, mencatatkan rekor tersendiri di Jawa Timur (Jatim). Sebabnya, PPS di Lamongan tercatat terbanyak se-Jawa Timur. 

Kabupaten Lamongan yang memiliki 474 desa dan kelurahan, dimana setiap desa dan kelurahan memiliki 3 PPS, sehingga total ada sebanyak 1.442 anggota PPS se-Kabupaten Lamongan dilantik oleh KPU Lamongan.

“Ini adalah yang terbanyak di Jawa Timur,” kata Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam, usai pelantikan PPS Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 di Gedung Pemuda dan Olahraga (GOR) Lamongan, Kamis (23/11/2017).

PPS-Pelantikan-2pfe3.jpg

Namun, dikatakan Anam, terkait partisipasi Kabupatan Lamongan, termasuk dalam kategori sedang, apabila berkaca pada Pilgub sebelumnya, yakni sekitar 60 persen. "Saya menargetkan dalam Pilgub nanti Lamongan bisa memiliki tingkat partisipasi sebesar 77 persen,” ujarnya. 

Menanggapi pernyataan itu, Bupati Lamongan Fadeli mengungkapkan rendahnya tingkat partisipasi di Kabupaten Lamongan karena banyaknya warga yang berada di perantauan. Terutama yang berada di wilayah utara.

“Jadi ini memang menjadi tugas yang berat bagi PPK dan PPS yang baru saja dilantik,” ucap Fadeli.

Fadeli meminta PPK dan PPS telah dilantik melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait Pilgub 2018 mendatang. Harapannya supaya masyarakat tahu dan datang ke TPS saat pemilihan berlangsung, sehingga tingkat partisipasi bisa meningkat.

PPS-Pelantikan-3zfq19.jpg

Sementara itu, Ketua KPU Lamongan Imam Ghozali, menyebutkan, 1.422 PPS yang telah dilantik ini, terpilih dari 4.500 pendaftar yang telah melewati beberapa seleksi, baik seleksi adminstrasi, tes tulis maupun wawancara.

PPS ini diangkat berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan Nomor : 29/Kpts/KPU-Kab-014-329744/2017 tentang Pengangkatan Anggota Panitia Pemungutan Suara se-Kabupaten Lamongan Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018.

"Dilantiknya PPK dan PPS ini, artinya Lamongan sudah siap menggelar Pilgub Jatim 2018," ujar Divisi SDM dan Parmas KPUD Lamongan, MH Fathur Rahman. 

Untuk diketahui, di Kabupaten Lamongan, terdapat kurang lebih 1.050.000 daftar pemilih, yang hingga saat ini data pemilih itu masih terus dimutakhirkan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Ardiyanto
Editor : Faizal R Arief
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search