TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Pilgub Jatim 2018

KPU Jatim Buka Tahap Penyerahan Dukungan Balon Perseorangan

23/11/2017 - 11:12 | Views: 5.82k
ILUSTRASI: Komisi Pemilihan Umum (KPU). (FOTO: Detak.co)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – KPU Jawa Timur mulai membuka tahapan penyerahan dukungan bakal calon perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018.

Pada hari pertama, yakni Rabu (22/11/2017), KPU Jawa Timur menyatakan belum ada satupun pasangan bakal calon yang datang untuk menyerahkan dukungan.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam menyatakan, KPU masih menunggu sampai jadwal terakhir tahapan penyerahan dukungan calon perseorangan, yakni hingga 26 November 2017 nanti.

“Masih sepi, di hari pertama sampai malam hari, masih belum ada yang menyerahkan dukungan calon perseorangan,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi KPU Jawa Timur, Kamis (23/11/2017).

Anam menjelaskan, terkait calon perseorangan dalam Pilgub Jatim yang digelar 27 Juli 2018, sementara masih ada satu organisasi yang sudah beberapa kali berkonsultasi terkait syarat dukungan perseorangan, yakni dari Komunitas Tikus Pithi. 

Bahkan, komunitas tersebut sudah mendapat username dan password untuk pengisian syarat dukungan di Sistem informasi Pencalonan (SiLON).

Untuk SiLON sendiri merupakan aplikasi wajib untuk bakal calon perseorangan, yang akan maju melalui jalur tersebut. 

Menurut Anam, hal tersebut sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2017 yang menyatakan, bahwa salah satu syarat penyerahan selain hardcopy dukungan juga ada kewajiban penyerahan softcopy.

“Softcopy inilah yang kemudian dipermudah formatnya dengan adanya aplikasi SiLON. Username dan password itu sudah diberikan ke Komunitas Tikus Pithi,” ucapnya. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search