TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Agar Tak Posesif pada Pasangan, Lakukan Hal Ini

23/11/2017 - 06:29 | Views: 11.42k
ILUSTRASI. Posesif terhadap pasangan. (FOTO: jenningswire.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Anda mudah curiga, sering membatasi gerak-gerak pasangan, dan sebagainya? Bisa jadi Anda posesif pada pasangan. Tak ada yang menguntungkan dengan menjadi posesif. Hal tersebut malah dapat merusak hubungan asmara Anda perlahan-lahan.

Orang sering kali bersikap posesif karena takut kehilangan dan mempunyai rasa memiliki yang berlebihan. Ada juga yang trauma karena pernah dibohongi atau diselingkuhi pasangannya.

Sifat posesif sering kali membuat pasangan tidak nyaman. Jika Anda masih memiliki sifat posesif, sebaiknya segera buang jauh-jauh sifat ini agar hubungan Anda langgeng. Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sifat posesif

Tingkatkan Percaya Diri
Jika rasa tidak aman adalah akar perilaku yang membuat posesif, Anda harus memiliki perasaan bahwa Anda layak dan berharga untuk pasangan. Bahkan, jika ketakutan yang Anda rasakan itu benar-benar terjadi, percayalah bahwa dunia tidak akan berakhir hanya karena masalah yang Anda alami.

Hindari Pengawasan Berlebih
Tindakan pengawasan berlebihan hanya akan membuat pasangan merasa terasing dan kurang privasi. Padahal ruang personal adalah salah satu elemen penting dalam setiap hubungan. Jika Anda bertahan dengan sikap ini, Anda akan membuat citra buruk tentang diri sendiri. Karena itu, cobalah untuk mengabaikan keinginan untuk memiliki kuasa atas pasangan. Mengecek pasangan tiada henti justru akan memicu Anda untuk terus cemburu.

Lupakan Masa Lalu
Bila perasaan masa lalu masih terus membayangi Anda, tak ada salah mencoba terapi untuk memahami dan menangani perasaan tersebut. Kecemasan yang Anda alami tidak akan pernah hilang jika Anda tidak mengatasi dari mana asalnya sumber permasalahan itu.

Bicara dengan Pasangan
Percakapan terbuka dan jujur dengan pasangan adalah hal yang sangat penting dalam membina suatu hubungan. Biarkan pasangan mengetahui apa yang terjadi di dalam diri Anda. Tanyakan juga kepada pasangan mengenai hal-hal yang mengganjal Anda dan sebaliknya. Dengan demikian, Anda dan pasangan dapat lebih memahami perasaan masing-masing.

Sifat posesif tidak akan membuat hubungan Anda langgeng. Justru hal ini akan membuat pasangan ingin meninggalkan Anda secepatnya. Akhirnya, yang didapat bukan hubungan yang awet dan bahagia, melainkan hubungan penuh kecemburuan dan ketegangan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search