TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Menteri Khofifah: Lafran Pane Sudah Diusulkan Dua Kali

09/11/2017 - 21:40 | Views: 6.24k
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan usulan Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional sudah diajukan dua kali. Tahun ini, usulan tersebut baru diterima pemerintah.

Menurut Khofifah, dukungan Lafran Pane menjadi pahlawan nasional cukup banyak. Mulai dari perguruan tinggi sampai Pemerintah daerah.

"Banyak perguruan tinggi yang mengirimkan surat dukungan dan tiga perempat gubernur di Indonesia mengirimkan surat dukungan agar Lafran Pane mendapat gelar pahlawan nasional," kata Khofifah dalam diskusi F,orum Merdeka Barat di Jakarta, Kamis (9/11).

Khofifah mengatakan, meski Lafran Pane adalah pemrakarsa berdirinya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), namun usulannya sebagai pahlawan nasional bukan berasal dari partai politik.

Lafran Pane lahir di Sipirok, Sumatera Utara, 5 Februari 1922. Ia dikenal sebagai tokoh pergerakan pemuda dan memprakarsai pembentukan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada 5 Februari 1947.

Pemberian gelar tersebut merupakan hal yang pantas diterima oleh Lafran Pane karena sesuai dengan kiprah dan perjuangannya selama ini. Mulai dari pergerakan pemuda pada zaman kemerdekaan hingga mendirikan organisasi HMI. (*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search