TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Peneliti: Kopi Menyehatkan Pembuluh Darah

10/11/2017 - 02:18 | Views: 6.45k
Kopi. (FOTO: TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JEMBER – Kopi ternyata memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia. Salah satunya yakni dapat menyehatkan kardiovaskuler atau pembuluh darah.

Ketua Jember International Coffee Conference (JICC) I Dewa Ayu Susilowati menerangkan hasil riset yang dilakukannya menyatakan, kopi terbukti baik untuk kesehatan. Salah satu efeknya pada tubuh yaitu memperbaiki struktur pembuluh darah pada tubuh.

"Jadi struktur pembuluh darah yang rusak akan kuat dan bagus serta memproteksi penyakit dari pembuluh darah," ujarnya usai memberikan materi di acara JICC di Rektorat lantai 3 Universitas Jember, Kamis (9/11/2017).

Namun terdapat aturan dalam minum kopi. Menurut dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember tersebut, minum kopi harus dibatasi. Paling tidak 1 sampai 2 gelas saja. Bagi yang memiliki gangguan pada sistem pencernaan atau lambung jangan khawatir. Mereka juga dapat meminum kopi asal tidak berlebihan.

"Satu, dua gelas kopi saja cukup. Dan bagi yang memiliki maag tetap bisa mengkonsumsi kopi asalkan sebelum minum kopi perut paling tidak sudah terisi makanan, jadi lambung akan siap," imbuhnya.

Ayu menambahkan, memperhatikan waktu untuk ngopi juga sangat penting. Dalam hal ini disarankan untuk tidak mengkonsumsi di malam hari sebab salah satu efek yang diberikan kopi akan membuat orang susah tidur.

"Jadi minum kopi yang baik di pagi dan siang. Kalau malam ini akan membuat tidak bisa tidur, dan hal tersebut yang membuat tidak baik pada tubuh. Bukan kopinya ya," ucapnya. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search