TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Tanaman Holtikultura Bisa Menjadi Alternatif Usaha Produktif

09/11/2017 - 17:41 | Views: 4.34k
Anggota Komisi X DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono sebelum acara tanam pohon buah massal di Desa Jogorogo Ngawi, Kamis (9/11/2017). (FOTO: Safuwan/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, NGAWI – Tanaman holtikultura seperti sayuran, buah dan tanaman hias lainnya terus mengalami peningkatan tren di masyarakat. 

Kondisi ini dinilai Anggota Komisi X DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono sebagai peluang pemberdayaan masyarakat. 

Ibas berharap tren tanaman holtikultura bisa menjadi salah satu alternatif usaha produktif bagi masyarakat di Desa Jogorogo, Kecamatan Jogorogo Ngawi di sela agenda tanam pohon buah massal, Kamis (9/11/2017) . 

Pada kesempatan ini, Ibas mengajak masyarakat untuk mendukung pemimpin bangsa agar Indonesia semakin maju bergerak sukses, salah satunya melalui sektor perkebunan. 

"Kita lihat permintaan pasar buah tidak pernah sepi, bahkan buah impor pun terus menjadi daya tarik tersendiri para pembeli," jelasnya. 

Peluang pasar buah nasional lanjut Ibas, perlu menjadi atensi agar para petani buah mendapatkan pencerahan bertani menuju sukses. 

"Saya harus terus mendorong dan memotivasi agar para petani terus konsisten memberdayakan lahannya semakin produktif salah satunya dengan menanam jenis tanaman holtikutura," tambahnya. 

Bagi ibas, kesejahteraan petani merupakan hal yang perlu disoroti, seiring dengan semakin berkurangnya lahan tani akibat bertambahnya populasi penduduk. 

"Harapannya, pasar buah nasional harus dikuasai buah lokal. Kita punya petani, kita juga punya lahan yang subur. Dorongan kepada petani harus semakin banyak berbenah dan menanggapi konsisi ini dengan positif, artinya petani harus juga melakukan inovasi dengan terus menambah wawasan,” kata dia. 

Ibas juga melihat manfaat lain dengan mengkampanyekan tanaman holtikultura. Menurut dia, produktifitas tanaman buah selain bisa membantu mewujudkan ketahanan pangan nasional, sumber gizi masyarakat juga peluang memperbesar devisa negara sebab tanaman hiltikultura memiliki arus produksi yang relatif cepat. 

“Insyaallah ini bisa menjadi alternatif meningkatkan pendapatan petani sekaligus mampu memenuhi keindahan dan kelestarian wilayah Jogorogo menjadi hijau royo-royo," harap Ibas menyemangati para petani. (*)

Jurnalis : Safuwan
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search