TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
HUT Ke-60 Kosgoro

Puncak HUT Dipusatkan di Malang, Mubes di Surabaya

01/11/2017 - 12:00 | Views: 5.04k
Mas Isman, Pahlawan Nasional RI dari malang - Pendiri/Ketua umum Pertama KOSGORO 1957-1982. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-60 Kosgoro dipusatkan di Kota Malang, Jawa Timur, pada 10 November 2017 nanti. Selain peringatan HUT, organisasi masyarakat (ormas) yang lahir pada 10 November 1957 ini juga akan mengadakan Mubes di Hotel Elmi, Surabaya, pada 23-25 November.

Kota Malang sebagai tempat puncak acara ini bukan tanpa alasan. Menurut Ketua Umum PPK Kosgoro H. Hayono Isman, Kota Malang merupakan tempat perjuangan Mas Isman, pendiri Kosgoro. 

“Sekalian sebagai peringatan Hari Pahlawan Nasional, Kosgoro diperingati HUT-nya di Kota Malang. Apalagi Mas Isman juga telah diangkat menjadi Pahlawan Nasional dari Malang,’’ ujar Hayono.

Mas Isman dan Malang ini tak dapat dipisahkan dengan TRIP (Tentara Republik Indonesia Pelajar). TRIP inilah yang turut serta dalam mempertahankan perjuangan di Kota Malang. 

Perjuangan TRIP dalam mempertahankan kemerdekaan di Malang ditandai dengan pertempuran di Jl Salak (sekarang Jl TRIP) Kota Malang. Dalam pertempuran ini 35 pelajar gugur dan dimakamkan di TMP TRIP Jl TRIP Kota Malang. Mas Isman sendiri merupakan komandan TRIP Jawa Timur dan turut serta dalam peristiwa 10 November di Surabaya.

’’Inilah yang menjadi dasar mengapa HUT Kosgoro yang didirikan Mas Isman dipusatkan di Kota Malang,’’ tandas Hayono.

Sementara, Ketua Panitia Lokal HUT Ke-60 Kosgoro Abdullah Sidik mengatakan, sejauh ini persiapan telah dilakukan. “Pengurus Daerah Kolektif Kosgoro Kota Malang telah menyiapkan banyak rangkaian acara. Acara dipusatkan di dua tempat, yakni Jl Pandan 5 Malang dan Jl TRIP Malang,’’ ujarnya. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search