TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Ketahanan Informasi Sosial

Ini Proyek Jalan yang Merubah Wajah di Probolinggo

31/10/2017 - 16:26 | Views: 10.88k
Ruas jalan Sumber-Ledokombo, Kecamatan Sumber, yang kini sudah bagus (foto: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Pembenahan infrastruktur jalan di sepanjang tahun 2017 oleh Pemkab Probolinggo, Jatim, telah merubah wajah daerah. Kecamatan Sumber, misalnya. Kecamatan yang terletak di pegunungan ini, beberapa tahun terakhir identik dengan ruas jalan yang hancur. Tapi kini, kondisinya sudah jauh berubah.

Ruas jalan yang dulu hancur, kini sudah mulus. Sejak masuk Kecamatan Sumber, hingga sekitar 1,3 kilometer sebelum balai Desa Ledokombo, Kecamatan Sumber; jalan berlubang nyaris tak ditemui lagi. Kondisi ini membuat waktu tempuh menuju Sumber makin singkat.

Dari catatan penulis, jika dulu jalur Bantaran-Pandansari (Kecamatan Sumber) ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam, kini bisa ditempuh dalam waktu kurang dari sejam. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Probolinggo, Prijono, menyebut, anggaran infrastruktur jalan di Sumber merupakan yang terbesar dibandingkan 23 kecamatan lain se-Kabupaten Probolinggo.

"Ya (paling besar, Red) karena kondisinya memang seperti itu (rusak, Red)," katanya kepada TIMES Indonesia.

Untuk jalur Kecamatan Kuripan sampai Ledokombo (Kecamatan Sumber) dengan panjang 14 kilometer saja, anggarannya sudah Rp 9,2 Miliar yang terbagi dalam lima paket pekerjaan. Jika ditambah dengan proyek peningkatan jalan Kecamatan Sukapura sampai Wonokerso (Kecamatan Sumber) sebesar Rp 2 Miliar, angkanya menjadi Rp 11,2 Miliar.

Proyek infrastruktur lainnya yang merubah wajah daerah, antara lain peningkatan ruas jalan Manggisan (Kecamatan Krucil)-Tiris, ruas jalan Tegalsiwalan-Klenang, Klenang-Pekalen, hingga ruas jalan Pekalen-Condong. Diketahui, pemkab Probolinggo mengalokasikan anggaran Rp 150 Miliar untuk menuju kondisi jalan mantap. Anggaran untuk pembenahan jalan tersebut, disebar merata di 24 kecamatan.

Bentuknya ada yang berupa peningkatan, pemeliharaan berkala, hingga pemeliharaan rutin. Total, berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kabupaten setempat, anggaran ini terbagi dalam 204 paket pekerjaan. Dengan anggaran tersebut, ruas jalan kabupaten yang tergarap sekitar 55 kilometer. “Sekarang pekerjaannya sudah 98 persen,” kata Prijono, Selasa (24/10/2017) pekan lalu. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : AJP-7 Editor Team
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search