TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Ketahanan Informasi Sosial

Ini Peta Kondisi Jalan di Kabupaten Probolinggo

31/10/2017 - 14:05 | Views: 6.65k
Peningkatan jalan Sukapura-Ledokombo, Kabupaten Probolinggo (foto: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Setelah merampungkan sarana dan prasarana di Kota Kraksaan sebagai ibu kota kabupaten, sepanjang 2017 ini Pemkab Probolinggo, Jatim, fokus membenahi infrastruktur, terutama jalan. Sedikitnya Rp 150 Miliar dana APBD dialokasikan untuk menuju kondisi jalan mantap.

Anggaran untuk pembenahan jalan tersebut, disebar merata di 24 kecamatan. Bentuknya ada yang berupa peningkatan, pemeliharaan berkala, hingga pemeliharaan rutin. Total, berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kabupaten setempat, anggaran ini terbagi dalam 204 paket pekerjaan.

Dengan anggaran tersebut, ruas jalan kabupaten yang tergarap sekitar 55 kilometer. Ini membuat kondisi jalan mantap di Kabupaten Probolinggo naik dari angka 78 persen pada tahun 2016, menjadi 85 persen di tahun ini, atau mengalami kenaikan 7 persen.

Panjang ruas jalan kabupaten sendiri adalah 785,819 kilometer. Sedangkan jumlah ruas jalannya sebanyak 106. Secara matematis, masih ada 15 persen (sekitar 117 kilometer jalan) yang perlu dibenahi agar seluruh kondisi jalan di Kabupaten Probolinggo mantap, sebagaimana cita-cita pemerintah setempat.

“Bila harga bahan dan (alokasi, Red) anggaran tetap, secara matematis perlu waktu dua tahun agar tuntas,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Probolinggo, Prijono, kepada TIMES Indonesia.

Namun secara praktis, jalan mantap 100 persen sulit tercapai. Sebab secara teori, setelah dipakai setahun suntuk, ruas jalan sudah memerlukan pemeliharaan rutin pada tahun kedua.

Pada tahun kedua ini, misalnya sudah terdapat retak-retak kecil pada aspal. Kemudian pada tahun kelima, kerusakan jalan biasanya sudah 30 persen. Sehingga ruas jalan memerlukan pemeliharaan berkala. “Sulit untuk 100 persen. 95 persen itu sudah bagus,” terangnya. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : AJP-7 Editor Team
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search