TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Hati-Hati! Ada Alat Speed Gun di Jalur Pantura Probolinggo

31/10/2017 - 11:06 | Views: 9.67k
Polisi sedang berlatih menggunakan speed gun di sekitar Pantai Bentar, Probolinggo (FOTO: Dicko W/TIMESIndonesia)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Anda yang sering melintas di jalur Pantura Probolinggo, Jawa Timur perlu mengontrol kecepatan kendaraan anda, jika tidak ingin tiba-tiba ditilang polisi. Sebab di jalur ini, polisi mulai memantau kecepatan kendaraan dengan alat radar kecepatan (speed gun). 

Langkah ini ditempuh untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas, dan aksi ugal-ugalan pengendara lintas dearah. Anggota polisi juga mulai dilatih menggunakan alat baru tersebut di area Pantai Bentar. 

"Para anggota telah melakukan  pelatihan, untuk peningkatan kualitas anggota kami agar ke depan dapat segera beradaptasi dengan berbagai alat bantu penindakan pelanggaran di jalan," kata Polres Probolinggo, AKP Tri Nuartiko, Selasa (31/10/2017).

Pelatihan pengoperasian speed gun sementara diadakan di ruas jalur pantura Pantai Bentar. Puluhan anggota Satlantas Polres Probolinggo satu persatu ditunjukkan cara mengoperasikan speed gun yang diarahkan langsung ke sejumlah kendaraan bermotor yang melintas.

"Jadi anggota nantinya hanya perlu mengarahkan alat itu pada kendaraan yang diduga melaju terlalu kencang dan kemudian dilanjutkan dengan pengejaran atau pemberhentian kendaraan untuk selanjutnya diberikan teguran tertulis atau surat tilang," terang kasat lantas.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Batas Kecepatan Kendaraan, kecepatan kendaraan di jalan tol memiliki batas maksimal antara 60 sampai 80 kilometer per jam, atau jika ada rambu yang menyatakan batas kecepatan 60 sampai 100 kilometer per jam.

"Sementara di jalan raya, kecepatan maksimal kendaraan diatur hanya 50 kilometer per jam. Kemudian pada pemukiman 30 kilometer per jam," sebutnya.

Selain itu diharapkan kepada masyarakat selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang ada, terutama tidak kebut-kebutan dijalan atau memacu kecepatan tinggi kendaraan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Dicko W
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search