TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Ryamizard: Tahun ini, Ada Tiga Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional

26/10/2017 - 17:23 | Views: 6.40k
Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Ryamizard Ryacudu (FOTO: Fahrizal Lubis/ Liputan6)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Tiga tokoh direncanakan akan dianugerahi gelar pahlawan nasional dari pemerintah pada tahun ini.

Menurut Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Ryamizard Ryacudu, Presiden tak ingin gelar pahlawan nasional diobral. Tahun lalu (2016) saja, tambahnya, pemerintah hanya memberi anugerah hanya satu orang yakni kepada salah satu tokoh Nahdlatul Ulama, Almarhum K.H.R. As'ad Syamsul Arifin.

"Kami katakan, jangan satu lagi lah pak. Ya sudah, bisa tiga yang diputuskan," katanya di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (26/10).

Rencananya, tahun ini , gelar tersebut akan diberikan ke Laksamana Malahayati, perempuan pejuang dari Kesultanan Aceh; Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, seorang ulama karismatis dari Pulau Lombok dan pendiri Nahdlatul Wathan; dan Sultan Mahmud Riayat Syah pejuang yang gigih melawan Belanda dari Riau.

Menurut Wakil Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Jimly Asshiddiqie, pemberian gelar akan dilakukan pada 9 November dalam rangka Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November.

Sebelumnya, Kementerian Sosial melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) telah mengusulkan 9 nama yang berasal dari 8 Provinsi untuk mendapat gelar Pahlawan nasional.

Menurut Jimly, Dewan Gelar telah menerima usulan dari TP2GP tersebut. Jimly mengaku ada dua nama mantan presiden yang diusulkan dalam 9 nama itu.

"Tahun ini, dari 9 yang diusulkan sudah dirapatkan pada prinsipnya kita adalah bangsa yang paling banyak pahlawannya jadi paling longgar tapi tidak dibatasi juga, yang jelas pahlawan nasional bagian dari kesadaran nasional yang harus dipelihara dan saatnya membangkitkan kesadaran generasi penerus mengenai pahlawan dalam sejarah," ungkap Jimly. (*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search