TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Pemilu 2019

Panwascam akan Kawal hingga Pilpres 2019

26/10/2017 - 16:17 | Views: 3.88k
Panwascam se-Kabupaten Lamongan dilantik di Pendopo Lokatantra, Kamis (26/10/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, LAMONGAN – Sebanyak 81 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Lamongan, resmi dilantik Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Tony Wijaya di Pendopo Lokatantra, Kamis (26/10/2017).

Prosesi pelantikan itu disaksikan oleh Pimpinan Bawaslu Propinsi Jawa Timur Aang Khunaifi, jajaran pimpinan partai politik di Lamongan, serta Bupati Fadeli dan Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati.

"Panwascam yang dilantik ini adalah hasil seleksi dari 304 orang pendaftar. Setelah menyelesaikan sejumlah tes, maka Panwaslu Lamongan menetapkan 3 orang Panwascam di masing-masing Kecamatan,” kata Tony.

Menurutnya, Panwascam ini selanjutnya akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, hingga Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Sementara itu, Aang Khunaifi mengingatkan, Panwascam sebagai penyelenggara pemilu, terikat kode etik pemilu. “Saya minta Panwascam harus menjaga sikap dan perilaku selama berinteraksi” ujarnya.

Bupati-Fadeli-B76VQu.jpg

Mereka diminta menjaga interaksi baik dengan sesama Panwascam ataupun dengan publik ketika melaksanakan tugasnya.

“Saya juga berharap agar tetap menjaga hubungan koordinasi yang baik dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU),” ucapnya.

Di sisi lain, Bupati Fadeli berharap, Panwascam selalu bisa menyelesaikan perbedaan pendapat atau sengketa pemilu, tanpa kekerasan.

“Pendekatan dengan masyarakat bisa dilakukan dengan dialog dan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti muspika,” tuturnya berpesan. (*)

Jurnalis : Ardiyanto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search