TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Wah, Mengompres di Jidat Ternyata Salah

27/10/2017 - 05:17 | Views: 4.45k
ILUSTRASI: Mengompres pada dahi bukanlah hal yang tepat untuk menurunkan demam. (foto: infokuberita.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Menurunkan demam dengan memberikan kompres di dahi/jidat yang selama ini sering dilakukan ternyata hal yang keliru. Spesialisasi Kedokteran Anak Dr. Mulya Rahma Karyanti mengatakan, mengompres yang benar adalah pada daerah lipatan.

"Orang tua seringkali salah memahami bahwa mengompres itu di bagian jidat anak yang demam. Yang dikompres sebenarnya daerah lipatan, seperti ketiak dan pangkal paha. Kalau di jidat, tentu terhalang oleh tengkorak kepala," katanya di Jakarta, sperti ddilansir dari Antara, Rabu (20/1/2016).

Selain memberikan informasi tentang kompres pada anak yang sedang demam, Karyanti juga menjelaskan bagaimana pertolongan pertama pada anak yang demam secara tiba-tiba dan diduga terkena demam berdarah dengue (DBD). Menurutnya, prinsip obat pada anak penderita DBD adalah dengan memberinya banyak cairan agar tidak dehidrasi.

"Jika anak demam mendadak dengan suhu yang tinggi, berikan saja minum air putih sesering mungkin agar tidak dehidrasi. Bisa juga dengan memberi minuman bernutrisi seperti jus," ujarnya.

Selain air putih dan jus, cairan elektrolit, seperti susu dengan nutrisi yang lengkap juga dapat diberikan pada anak berusia 7-12 tahun. Karyanti menambahkan, pemberian obat penurun panas yang memiliki kandungan paracetamol sebaiknya diberikan selama empat jam sekali. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search