TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Pemkab Situbondo Kembangkan Program Inovasi Desa

25/10/2017 - 18:35 | Views: 10.77k
Acara Musyawarah Antar Desa (MAD) di Kabupaten Situbondo (TOTOFawaid Aziz /TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, SITUBONDO – Para Pendamping Desa Kabupaten Situbondo Jawa Timur melakukan Musyawarah Antar Desa (MAD) di tiap-tiap kecamatan dalam upaya meningkatkan program inovasi desa, Rabu, 25/10/2017

Program inovasi desa dilakukan untuk mendorong pemerintah desa dan masyarakat desa melakukan inovasi yang mampu direplikasi oleh desa-desa yang ada di Indonesia. 

Pendamping Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (PA PED) Situbondo Kahfi Hasan Alfi mengatakan, program ini merupakan bagian dari upaya implementasi UU Desa No 6 tahun 2014, yang nantinya fokus pada pengembangan potensi desa melalui empat program unggulan Kementerian Desa PDTT.

"Empat program unggulan itu adalah produk unggulan desa, program unggulan antar desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), dan embung," tuturnya kepada TIMES Indonesia

Sementara itu, Pendamping Ahli Pelayanan Sosial Dasar (PA-PSD) Situbondo, Johantono mengatakan, target pencapaian  program inovasi desa adalah pengembangan bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal, bidang sumber daya manusia, maupun bidang infrastruktur.

inovasi-desafawaidHYb1Q.jpg

"Intinya, segala yang akan memberikan dampak memicu peningkatan kesejahteraan ekonomi desa," ujar Jhon. 

Ia manambahkan, dengan Musyawarah Antar Desa di tiap tiap kecamatan diharapkan program inovasi desa tersebut bisa berjalan maksimal

invasi-desa1oDygv.jpg

"TIM PA akan membentuk Tim Inovasi Kabupaten dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan akan dilaksanakan Bursa Inovasi Desa tingkat kabupaten pada Akhir 2017 mendatang," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Situbondo, Yogie Kripsian Sah, mengatakan, Program Inovasi Desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa.

inovasi-desa28bQC.jpg

Selain itu, program ini bertujuan merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusai serta infrastruktur Desa.

"Melalui Program Inovasi Desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif. Program Inovasi Desa merupakan salah satu  bentuk dukungan kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana  Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat," kata Yogie. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Fawaid Aziz
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2017 TIMES Banyuwangi
Top

search Search